Iphone 6 Membuat Kecewa

Posted By Sendal on Wednesday, September 10, 2014 | Wednesday, September 10, 2014

Iphone 6
Akhirnya vendor besar Apple memperkenalkan dua model terbaru iPhone 6, Dengan versi layar 4,7 inch dan versi 5,5 inch yang disebut iPhone 6 Plus. Dengan dibekali spesifikasi lebih baik dan beberapa fitur terbaru, tetap saja beberapa hal tidak sesuai ekspektasi. Apa saja? Nah berikut ini beberapa hal tersebut:

1.Bukan Layar Safir

Mungkin disertakannya layar safir di iPhone 6 adalah rumor yang paling kencang beredar sejak awal. Layar safir disebutkan tahan 'siksaan', bahkan goresan benda tajam seperti pisau pun konon tidak berpengaruh.

Spekulasi dipakainya layar safir di iPhone terbaru muncul karena pada November tahun lalu, Apple dan perusahaan bernama GT Advanced Technology sepakat melakukan kerjasama kontrak lima tahun senilai USD 578 juta untuk produksi kaca safir.

Pada sebuah gambar paten Apple yang sempat bocor, dijelaskan deksripsi bahwa bagian layar gadget Apple nantinya berbalut kaca safir. Paten ini disebut dengan 'Attachment Techniques'. Paten tersebut menjelaskan tingkat kesulitan memasang safir ke bahan lain.

Tapi apa daya semua spekulasi itu mentah, iPhone 6 kenyataannya tidak memakai material safir di layar melainkan teknologi yang disebut ion strenghened -- yang diklaim juga kuat. Tapi tetap saja sepertinya tidak semenarik layar safir yang sudah didengung-dengungkan.

2. Desain Yang Mirip

Jelas ada perubahan desain di iPhone 6 dibanding generasi sebelumnya, tapi sepertinya tidak jauh berbeda. Beberapa pihak pun kecewa karena penampilan iPhone tidak mengusung perubahan desain yang berarti.

Memang iPhone 6 ini lebih tipis dari generasi sebelumnya, sebuah pencapaian yang cukup impresif dan membuatnya lebih elegan. iPhone 6 ketebalannya cuma 6,9 mm dan iPhone 6 Plus hanya 7,1 mm. Keduanya lebih tipis dari iPhone 5S yang tebalnya 7,6 mm.

Tapi ya itu tadi, Apple tampaknya terlalu bermain aman. Sehingga desain di generasi terbaru iPhone ini dinilai bukanlah sebuah terobosan besar.
Iphone 6


3. Kamera Dengan Resolusi Sama

Kamera di kedua model iPhone 6 masih mengusung resolusi 8 megapixel, sama seperti di iPhone 5S. Meskipun teknologinya bertambah bagus, tetap saja dipakainya resolusi yang sama itu tidak sesuai harapan.

Pasalnya, rumor sebelumnya menyebutkan iPhone 6 akan naik signifikan kualitas kameranya jadi 13 MP. Yang berarti sebanding dengan deretan smartphone pesaing masa kini. Memang bukan berarti megapixel adalah segalanya, tapi tetap berperan untuk memproduksi foto lebih baik.
iPhone 6
Peningkatan terjadi di sensor iSight yang merupakan generasi baru dengan sebutan focus pixel. Dengan sensor baru ini, memindahkan fokus yang diinginkan dari satu titik ke titik lain bisa dilakukan dengan cepat. Fitur baru lain adalah Panorama yang resolusinya up to 43 megapixel.

Optical Image Stabilization pun turut dibenamkan di kamera iPhone 6 Plus. Ini membuat goncangan tidak akan mempengaruhi saat mengambil gambar. Tapi sepertinya, kemampuan kamera iPhone 6 tersebut tidak jauh lebih baik dari para kompetitor.

4. Tak Ada Terobosan Teknologi

Hadirnya iPhone terbaru membawa rasa penasaran karena sering membawa teknologi yang benar-benar baru, meskipun mungkin kemudian tidak terlalu banyak digunakan. Contohnya saja kemampuan perintah suara Siri yang diperkenalkan di iPhone 4S.
iPhone 6 Size


Kemudian tahun lalu, Apple juga membawa teknologi terobosan di iPhone 5S. Apalagi kalau bukan pemindai sidik jari ataupun prosesor 64 bit, yang cukup mampu memukau para fans.

Kini di iPhone 6, tampaknya tidak ada teknologi keren atau terobosan yang dihadirkan. Lebih baik secara spesifikasi dan desain memang benar, tapi dinilai bukan sesuatu yang revolusioner atau tiada tanding.
Blog, Updated at: Wednesday, September 10, 2014

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts