Mengenal Sensor IAP dan IAT Pada Motor Sistem Fuel Injection

Posted By Sendal on Sunday, October 04, 2015 | Sunday, October 04, 2015

  • Mengenal Sensor IAP dan IAT Pada Motor Sistem Fuel Injection

Fuel Injection, OX. Sebelum bahas tentang sensor-sensor pendukung ECU (Elektronik Control Unit) di motor berkapasitas 250 cc ke atas. Biar nggak lupa kita ulas dulu tentang fungsi sensor IAP (Intake Air Pressure) dan IAT (Intake Air Temparatur) yang berhuhungan dekat sensor di TPS (Throttle Position Sensor). Kedua sensor ini diaplikasi di motor injeksi pabrikan Yamaha, Suzuki dan Honda sebelum pabrikan kepak sayap itu mengembangkan teknologi step 4 pada sistim injeksinya.

Misalkan sensor IAT alias Intake Air Temperature. Sensor ini jika diibaratkan panca indra manusia layaknya seperti sistem pernafasan, dimana fungsianya akan menyesuaikan diri ketika suhu udara berubah. Sensor ini akan membaca temperatur udara pada intake manifold yang sangat berpengaruh pada kerapatan udara dan kandungan oksigen yang akan masuk ke ruang bakar. Pada kondisi suhu udara panas, maka kandungan oksigen di udara dibikin lebih sedikit dari bahan bakar dan sebaliknya.

Sedangkan sensor IAP atau Intake Air Pressure, mirip tekanan darah pada manusia yang berubah-ubah pada di dinding arteri sesuai aktifitas tubuh. Ketika diam, berjalan santai hingga berlari cepat pasti berbeda tekanannya. Nah, sistem injeksi juga memiliki sensor yang fungsinya membaca tekanan udara yang masuk melalui intake manifold sebelum disemburkan injektor. Dalam artian, tekanan udara di manifold menggambarkan beban kerja di mesin.

Nah, sensor IAP kalau di motor FI pabrikan Yamaha namanya IAPS (Intake Air Pressure Sensor). Tapi kalau di Honda dikenal dengan istilah Manifold Absolute Pressure (MAP). Fungsinya untuk mendeteksi tekanan udara dalam intake manifold, dimana Informasi ini kemudian menjadi acuan Electronic Control Modul (ECM) menentukan banyak-dikit bensin yang disemprotkan injektor agar komposisi udara dan bensin selalu ideal.

Akan tetapi, untuk injeksi versi 4 Honda atau step 4 pada motor Honda Supra X 125 PGM-FI, Spacy Helm In PGM-FI dan Vario Techno 125 PGM-FI, sensor MAP dan sensor suhu ini dihilangkan dan digantikan dengan Crankshaft Position (CKP) dan O2 Sensor. (www.otomotifxtra.com)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.



via otomotifxtra


via Harian Bingo
Blog, Updated at: Sunday, October 04, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts