Serangan Hiu Berkepala Dua Dilaporkan Mengancam dalam Waktu Dekat

Posted By Sendal on Wednesday, November 09, 2016 | Wednesday, November 09, 2016

CALIFORNIA – Pernahkah Anda melihat foto viral yang menunjukkan seekor hiu berkepala dua? Apakah Anda salah satu orang yang khawatir diserang hiu mutan yang tentunya memiliki mulut ganas ganda?

Anda tidak perlu khawatir karena serangan hiu mutan berkepala dua masih berkemungkinan kecil terjadi di alam liar. Berdasarkan laporan Popular Science, Selasa (8/11/2016), kejadian yang fotonya pernah viral di atas sebenarnya belum lama diuji kembali untuk melihat potensi lahirnya disefalia hiu.

BERITA REKOMENDASI


Studi terbaru itu dipublikasikan di Journal of Fish Biology. "Dari 797 embrio yang diperiksa, spesimen anomali merupakan kejadian cacat 0,13% yang tampaknya menjadi estimasi pertama dari frekuensi dicephalia di hiu," demikian hasil penelitian tersebut.

Dicephalia adalah kondisi binatang atau manusia memiliki dua kepala. Dalam hal ini, penulis penelitian mencatat bahwa setiap kepala memiliki mulut, dua mata, otak, notochord, dan lima bukaan insang di setiap sisi. Dua kepala menyatu di belakang insang. Ada dua jantung, dua oesophaguses, dua perut, dua hati, tapi usus keduanya tunggal dengan katup spiral.

Ini memang pertama kalinya ada orang yang mendokumentasikan embrio hiu berkepala dua di spesies ovipar (bertelur) hiu. Kendati memiliki kemungkinan terjadi di alam karena racun di lautan, tetapi penyimpangan genetic seperti ini sangat jarang terjadi dan jika pun terjadi bukan karena air yang terpolusi.

Berdasarkan penelitian sebelumnya di 2011, beberapa spesies hiu misalnya seperti hiu biru membawa 50 embrio dalam sekali waktu. Itulah yang diduga berpotensi membuat hiu lahir dengan dua kepala karena beberapa di antaranya mungkin tidak normal.

Hiu berkepala dua juga mungkin lebih banyak terjadi karena banyaknya penelitian yang dilakukan. Peneliti telah mengamati kasus ini selama beberapa dekade namun sejauh ini kemungkinan para hiu dari penelitian tidak akan bertahan lama untuk hidup.

Let's block ads! (Why?)

https://img.okezone.com/dynamic/content/2016/11/08/56/1536425/serangan-hiu-berkepala-dua-dilaporkan-mengancam-dalam-waktu-dekat-FCUUcr9PAe.jpg?w=400

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Wednesday, November 09, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts