10 Tips Transformasi Jakarta Menjadi Smart City Melalui Digitalisasi (1)

Posted By Sendal on Saturday, May 30, 2015 | Saturday, May 30, 2015

JAKARTA - Konektivitas broadband dan digitalisasi merupakan langkah pertama untuk membangun smart city dan komunitas yang saling terhubung. Dengan menciptakan ekosistem yang saling terhubung, terdapat kesempatan yang sangat besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan pekerjaan, mendorong inovasi, bahkan meningkatkan pemanfaatan energi.

"Untuk merealisasikan visi pemerintah atas Indonesia yang saling terhubung memerlukan jaringan broadband gigabit yang berjangka, aman, kompetitif, dan berkesinambungan. Koneksi-koneksi ini akan mentransformasi bagaimana masyarakat Indonesia bekerja, sampai dengan layanan masyarakat yang dapat mereka akses dan proses pembelajaran generasi terdepan, kesemuanya melalui jaringan broadband berkecepatan tinggi dengan kemampuan video," jelas Sancoyo Setiabudi, Country Manager untuk Cisco Indonesia melalui keterangan resminya.

Untuk mengakselerasi transformasi ini, ada 10 tips yang perlu dipegang oleh organisasi dan komunitas untuk mendorong pembangunan smart city di Indonesia.

Pemimpin yang Memiliki Visi

Tokoh panutan yang tepat dapat menjadi katalis untuk dapat mengatasi semua tantangan lain yang ada dalam evolusi yang rumit menuju smart city. Langkah pertama ini, merupakan langkah yang penting dan harus menjadi hal pertama yang dilakukan.

Lebih dari Sekedar Berencana

Inisiatif perencanaan yang telah dilakukan oleh banyak kota-kota yang disurvey oleh Cisco merupakan langkah pertama yang signifikan. Namun, mereka harus menggerakan rencana tersebut menjadi tindakan. Proses tersebut mencakup meninggalkan birokrasi yang rumit dan mendapatkan visibilitas dan input yang lebih luas dari warga, bisnis dan penyedia teknologi dan solusi untuk smart city.

Mulai Proyek Percobaan

Upaya perencanaan akan membantu untuk benar-benar memahami bagaimana berpikir dalam skala besar dengan evaluasi yang menyeluruh dan juga menarik kepercayaan para pemangku kepentingan. Namun proyek percobaan yang dilaksanakan dengan hati-hati, dengan estimasi biaya, keuntungan dan analisa ROI yang sederhana untuk tiap proyek akan membangun jalan menuju kesuksesan terhadap rencana yang lebih besar.

Pahami Biaya dan Keuntungannya

Hasil survei Cisco menunjukkan bahwa kota-kota memahami manfaat dari smart city dalam skala global, namun mereka tidak memahami bagaimana cara menerjemahkan keuntungan tersebut ke dalam metrik-metrik yang spesifik untuk diterapkan di kota mereka maupun memiliki model atau tools untuk melakukan hal tersebut. Terlebih lagi, merupakan hal yang jelas bahwa kota memerlukan estimasi biaya yang lebih ketat jika berbicara mengenai proyek-proyek smart city.

Pertimbangkan Pilihan-Pilihan Pendanaan

Meskipun obligasi pemerintah dan pilihan pendanaan serupa merupakan pilihan yang umum, banyak kota nampaknya tidak menyadari akan pilihan pendanaan lain yang lebih baik yang tersedia untuk upaya pembangunan smart city. Banyak mekanisme pendanaan inovatif yang relatif baru saat ini telah tersedia, namun belum banyak diketahui.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.



via Harian Bingo
Blog, Updated at: Saturday, May 30, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts