Google Optimalkan Perintah Suara dengan Bahasa Indonesia untuk Perangkat Android

Posted By Sendal on Thursday, May 28, 2015 | Thursday, May 28, 2015

JAKARTA - Tidak hanya game Dinosaurus tersembunyi yang baru dihadirkan Google dalam aplikasi browser kembangannya. Akan tetapi, fitur pengaktifan suara terbaru dengan bahasa Indonesia kini bisa dinikmati para pengguna smartphone Android untuk optimalisasi pencarian.

"Pengguna Android kini bisa aktifkan ponsel atau pencarian dengan menggunakan bahasa Indonesia, cukup ucapkan OK Google maka ponsel akan otomatis aktif. Kemudian lakukan pencarian dengan mengucapkan kata kunci dalam bahasa Indonesia, maka mesin pencari akan aktif," jelas Sandy Tantra, Consumer Marketing Manager Google Indonesia, di Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Menurutnya, optimalisasi pencarian dengan suara memang sudah dibangun sejak 2 tahun lalu. Khususnya untuk bahasa Indonesia ini, orang-orang yang ada saat ini malas mengetik, terutama bagi mereka yang sedang berkendara. "Kita optimalkan recognized-nya, karena saat ini behaviour pengguna sekarang on-the go," jelas Sandy.

Fitur pengaktifan perintah suara pada perangkat berbasis Android ini mengalami peningkatan dari versi sebelumnya. Saat ini optimalisasi tersebut bisa dirasakan pada versi 5.0 Lollipop. "Kalau pada versi 4.3 Jelly Bean lalu, suara yang diaktifkan masih terbata-bata, namun pembaruan tersebut selalu diperbaiki dan bisa dirasakan pada versi baru ini," tambah Sandy.

Namun sayang, pihak Google tidak menjelaskan berapa tingkat akurasi pengucapan seseorang ke tulisan. Tetapi dipastikan, jika suara jelas penulisan kalimat tersebut bisa akan menjadi baik.

Pihak perusahaan juga menjelaskan bahwa fitur suara ini berbeda dengan Google Now. "Karena itu adalah aplikasi berbeda, sekarang ini lebih pada fitur yang mengoptimalkan sistem operasi itu sendiri," jelasnya.

Namun, sebelum menggunakan aplikasi ini pengguna ponsel harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur masukan atau penggunaan bahasa ke Indonesia. Serta perangkat juga harus terhubung ke internet untuk maksimalkan pencarian langsung dengan Google Search.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.



via Harian Bingo
Blog, Updated at: Thursday, May 28, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts