Cegah Perkembangan Bakteri Penyakit dengan Biji Fenugreek

Posted By Sendal on Thursday, June 11, 2015 | Thursday, June 11, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Fenugreek atau klabet adalah sejenis tanaman herbal yang sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno.

Khasiatnya mengobati berbagai penyakit, mulai dari ketombe hingga kanker. Jika Anda suka makan kari, dipastikan Anda sudah pernah mencicipi fenugreek di dalamnya.

Fenugreek memiliki rasa pedas yang menggabungkan rasa seledri dan mapple sehingga meningkatkan cita rasa masakan daging, ayam, sayuran yang diasinkan, campuran kari, dan bumbu chutney. Biji fenugreek diakui emberi berbagai manfaat kesehatan, baik topikal atau pun sistemik.

Tingkat antioksidan, vitamin, dan mineralnya membuat herbal ini menjadi andalan masyarakat Mediterania, Timur Tengah, dan negara Afrika. ROLers, berikut adalah lima khasiat biji fenugreek, menurut ulasan Jurnal Evidence-Based Contemporary and Alternative Medicine, dilansir dari Rodale News, Kamis (11/6).

Cegah infeksi dan peradangan
ekstrak biji fenugreek mengandung senyawa yang mencegah permbuhan bakteri penyakit berbahaya, juga jamur, seperti Staphylococcus aureus dan E coli. Ini juga berkhasiat mengurangi peradangan hingga 62 persen.

Menurunkan gula darah
Fenugreek membantu penderita diabetes tipe 1 dan 2 dengan cara menurunkan gula darah. Fenugreek akan meningkatkan profil lipid, sensitivitas insulin, dan mengontrol glukosa pada penderita diabetes tipe 2, juga meningktkan toleransi glukosa pada penderita diabetes tipe 1.

Memerangi kanker
Ekstrak Staphylococcus aureus menghambat pertumbuhan sel kanker hingga 70 persen dalam sebuah penelitian di laboratorium. Kemampuan melawan kanker ini kemungkinan berasal dari kandungan antioksidan flavonoid dan karotenoidnya.

Menyehatkan jantung
Fenugreek bukan hanya mengurangi kolesterol jahat (LDL) tapi juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Penelitian menunjukkan fenugreek mengubah kolesterol jahat menjadi garam empedu, zat kimia alami dalam tubuh yang membantu mengeliminasi racun dan lemak.

Mengatasi anemia
Bagi penderita anemia, fenugreek adalah sumber utama zat besi. Jika kandungan zat besi meningkat, maka energi dan darah bertambah.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Thursday, June 11, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts