Fenomena Panas India Tak Berdampak pada Indonesia

Posted By Sendal on Monday, June 01, 2015 | Monday, June 01, 2015

JAKARTA - Fenomena suhu panas yang menimpa India, dipastikan tidak bakal berdampak bagi Indonesia baik secara cuaca maupun iklim. Hal tersebut dikarenakan secara geografis letak Indonesia dan India tidak berdekatan.

“Saya rasa enggak ada dampak di Indonesia baik itu secara cuaca ataupun iklim. Kenapa enggak ada? Secara geografis posisi India dan Indonesia tidak berdekatan,” kata Professor Eddy Hermawan, Peneliti Senior Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Bandung kepada Okezone, Senin (1/6/2015).

Eddy juga menjelaskan, Indonesia tidak terkena dampak fenomena panas dikarenakan letak Indonesia yang wilayahnya sebagian besar dikelilingi oleh lautan. Sehingga, diperkirakan suhu panas itu tak akan sampai ke Indonesia.

Jikalau Indonesia terjadi kekeringan atau panas itu pun biasanya diawali di wilayah Timur Indonesia. Pasalnya wilayah tersebut dekat dengan Australia yang terdapat gurun, sehingga suhu panas di gurun itu tertiup oleh angin dan angin tersebut membawa suhu panas ke kawasan rendah.

Sekedar informasi, untuk di kawasan Jakarta sendiri, panas yang terjadi temperaturnya belum pernah melebihi 35 derajat celsius kerena perubahan suhu variasi yang tidak besar. Paling tidak, panas yang terjadi di Jakarta hanya berkisar 31-35 derajat celsius.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.

http://ift.tt/eA8V8J

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Monday, June 01, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts