Ilmuwan Temukan Penyebab Penyakit Kelebihan Zat Besi

Posted By Sendal on Thursday, June 11, 2015 | Thursday, June 11, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, Peneliti dari University of Florida Institute of Food and Agricultural Sciences akhirnya menemukan penyebab pasti dari penyakit kelebihan zat besi atau hemochromatosis. Tidak semua orang bisa mengidap penyakit ini sebab ini adalah peyakit keturunan yang diwariskan dari orang tua.

Hemochromatosis paling sering ditemukan pada orang-orang keturunan Eropa Utara. Selama beberapa tahun, penderita hemochromatosis mengalami kelebihan zat besi di dalam tubuhnya sehingga masuk ke hati, jantung, pankreas, sendi, dan kelenjar hipofisis yang menyebabkan masalah kesehatan, seperti sirosis hati, kanker hati, diabetes, penyakit jantung dan penyakit sendi. Orang dengan penyakit ini harus diambil darahnya secara rutin untuk membuang kelebihan zat besinya.

"Selama 150 tahun kita tak tahu bagaimana zat besi itu bisa begitu banyak. Yang kita tahu ada protein yang membawa zat besi itu ke hati, namun tak seorang pun tahu apa jenis proteinnya," kata salah satu peneliti, Mitchell Knutson, dilansir dari Science Daily, Kamis (11/6).

Knutson dan rekan-rekannya akhirnya menemukan bahwa jenis protein tersebut adalah ZIP14. Mereka melakukan pengujian pada tikus yang tidak memiliki protein ZIP14 kemudian dikawinkan dengan tikus pengidap hemochromatosis. Hasilnya, tidak ada zat besi berlebih dalam hati mereka.

Temuan baru ini membuat ilmuwan bisa memformulasikan obat untuk mencegah kelebihan zat besi di hati. Obat tersebut bisa digunakan sebagai kombinasi dengan obat yang ada saat ini yang fungsinya maish sebatas mengikat zat besi berlebih.

Knutson menambahkan, temuan ini masih membutuhkan tes lanjutan, khususnya pengobatan yang sama untuk pasien talasemia. Pasien talaseia tidak bisa memproduksi sel-sel darah merah yang sehat, sehingga mereka tetap perlu transfusi darah secara teratur untuk tetap hidup.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Thursday, June 11, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts