Posisi Duduk tidak Ergonomis Buat Tubuh Cepat Lelah

Posted By Sendal on Thursday, June 11, 2015 | Thursday, June 11, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, Sering merasakan lelah setelah duduk berjam-jam? Tak sedikit orang merasakan hal ini. Apalagi jika duduknya sudah lama, pasti badan terasa pegal.

Menurut Ketua Perhimpunan Dokter Rehabilitasi Medik (Perdosri), dr Luh Karunia Wahyuni, SpKFR(K) yang membuat Anda mudah capai saat duduk lama, karena posisi duduk Anda tidak ergonomis. Anda duduk terlalu bersandar, terlalu santai atau justru posisi badan tidak tegak lurus.

“Jika posisi duduk lurus dan ergonomis, Anda tidak akan mudah capai,” ungkapnya dalam acara Press Conference Launching Klinik Flex Free bertema Rehabilitasi Muskuloskeletal: ”Layanan Holistik Non-Operatif pada Gangguan Otot-Tulang-Sendi” di Jakarta, pekan lalu.

Begitupula saat Anda terlalu lama duduk di depan layar komputer. Jika posisi tidak ergonomis, maka tubuh akan mudah lelah. Lalu bagaimana posisi duduk di depan komputer yang ergonomis?

Ahli Rehabilitasi Muskuloskeletal Klinik Flex Free, dr Ferius Soewiti, SpKFR, QWP, menjelaskan posisi bermain komputer yang ergonomis adalah layar komputer harus sejajar dengan mata. Posisi duduk tegak. Tempat duduk posisinya untuk menumpu lebih ke arah tulang panggul. Tempat duduk harus dijaga. Posisi tangan harus lurus dan sejajar meja. Harus ada bantalan untuk mengetik dan untuk mouse.

“Posisi duduk di depan komputer yang tidak ergonomis menyebabkan orang-orang kantoran lebih sering menderita cedera tangan terutama pada bagian sendi-sendinya,” ujarnya.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Thursday, June 11, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts