Robot Kecil Ini Bantu Sembuhkan Penyakit Manusia

Posted By Sendal on Monday, June 01, 2015 | Monday, June 01, 2015

CALIFORNIA - Robot kecil yang menyerupai bentuk origami suatu hari diharapkan dapat menyembuhkan pasien dari penyakit tertentu. Robot buatan peneliti MIT di Amerika Serikat ini bisa melipat tubuhnya sendiri, berjalan, melewati material, berenang dan menghancurkan dirinya sendiri.

Dilansir Cbc, Minggu (31/5/2015), robot origami ini kabarnya memiliki berat 0,3 gram dan mampu bergerak secara otomatis. Robot kecil tersebut mampu mendorong muatan ringan, berjalan di lengan manusia dan berenang di permukaan air.

Bentuknya yang kecil, konon robot bisa dimasukan ke dalam tubuh manusia, membantu untuk tugas medis dan menghancurkan dirinya sendiri saat selesai menunaikan tugasnya. Tim dari Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory MIT mengungkap robot origami yang telah dikembangkan sejak 2012.

Robot ini mampu bekerja secara nrikabel, teknologi tether atau baterai. "Ini adalah pertama kalinya bahwa robot telah mampu menunjukkan siklus hidup lengkap seperti ini. Dan akhirnya, itu akan melakukannya di dalam tubuh Anda," kata peneliti Evan Ackerman.

Riset tim MIT akan dipresentasikan pada konferensi yang digelar pada Rabu. Robot miniatur ini diklaim bisa menjanjikan berbagai aplikasi medis untuk digunakan dalam tubuh manusia.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.



via Harian Bingo
Blog, Updated at: Monday, June 01, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts