Waspada! Telah Terjadi Pola Penularan MERS Baru di Korsel

Posted By Sendal on Friday, June 05, 2015 | Friday, June 05, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus penyakit MERS di Korea Selatan membuat banyak negara menjadi waspada akan penularan penyakit tersebut.

Bahkan, menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama, di Korea sekarang ini sudah terjadi pola penularan baru.

"Di Korea Selatan sudah ada kasus generasi ke 3 yang jatuh sakit," kata Tjandra dalam pernyataan tertulisnya yang diterima ROL, Jumat (5/6). Ia menambahkan, korban yang terkena MERS CoV dengan pola tersebut tidak bertemu atau kontak langsung dengan indeks kasus atau pasien pertama yang terjangkit penyakit tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari pola tersebut maka sudah terjadi penularan berkelanjutan terbatas. Pola tersebut sudah mengakibatkan ada penularan hingga generasi ketiga.

"Artinya, kasus indeks atau generasi pertama menulari langsung ke kasus-kasus disekitarnya atau kita sebut generasi kedua. Lalu kasus generasi kedua ini menulari kasus-kasus lain lagi, jadi sudah sampai generasi ketiga," jelas Tjandra.

Diketahui sebelumnya, pada kasus indeks atau kasus pertama di Korea Selatan, pasien tersebut tertular MERS CoV dari kunjungannya ke Timur Tengah. Selanjutnya ada beberapa kasus yang kemudian tertular dari kasus pertama tersebut dengan pola penularan langsung. 

Dari pola penularan langsung tersebut, hanya terjadi kepada tiga cara penularan. Penularan pertama terhadap keluarga yang melakukan kontak langsung, pasien lain yang sebangsal dengan kasus pertama, dan dokter atau petugas kesehatan rumah sakit yang merawat pasien indeks pertama.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Friday, June 05, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts