Bisnis Oli Palsu Kembali Merajelela di Rusia

Posted By Sendal on Friday, January 15, 2016 | Friday, January 15, 2016

http://ift.tt/eA8V8J Moskow -Setelah tahun lalu ditemukan telah membanjiri pasar pelumas Rusia, kini jaringan bisnis oli palsu kembali ditemukan di Negeri Beruang Merah itu. Nilainya cukup fantastis, US$ 160 juta atau sekitar 2,2 triliun per tahun dari sebuah perusahaan saja.

Sebuah laporan yang dikutip Inautonews, Jumat (15/1/2016), polisi negeri itu berhasil membongkar jaringan bisnis tersebut. Beberapa unit penyimpanan ditemukan di pinggiran kota Moskow.

Lebih dari 70 ton oli atau sekitar 80.000 tabung oli ditemukan polisi di tempat itu. Kemasan itu berupa kemasan tabung plastik yang didatangkan dari Belasrusia dan kemudian diisi pelumas palsu.

Kemasan tersebut kemudian dilabeli merek terkenal seperti Shell, Mobil, Elf, Castrol, BP, Elf, Liqui Moly, dan juga oli mesin untuk BMW, Volkswagen, Ford, Toyota, Mazda, Nissan dan GM. Para konsumen yang membelinya tak akan menyadari jika oli tersebut palsu karena kemasannya persis dengan oli asli buatan pabrikan.

Oli-oli palsu itu umumnya dijajakan di outlet penjualan bermesin otomatis. Hingga saat ini polisi masih menyelidiki, apakah selain dijajakan di Moskow juga dipasarkan di sejumlah negara tetangga.
(arf/rgr)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.



Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Friday, January 15, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts