Perbedaan Menangis Antara Pria dan Wanita

Posted By Sendal on Friday, January 08, 2016 | Friday, January 08, 2016

Liputan6.com, Jakarta Sebagai manusia, tentu normal bila seseorang menangis. Namun predikat juara menangis sepertinya lebih sering disematkan pada wanita daripada pria. Melihat adegan film Korea yang sedih sudah mampu membuat wanita meneteskan air mata, sementara pria tetap menonton dengan tenangnya.

Streotip wanita lebih sering menangis memang tak salah. Dalam setahun wanita menangis puluhan kali, rata-rata lima kali lebih sering dibandingkan pria seperti diungkapkan dalam laporan penelitian oleh psikolog Ivan Nyklicek, Lydia Temoshok and Ad Vingerhoets dari Tilburg University, Belanda. 

Mengenai durasi, pria menangis lebih singkat, yakni rata-rata 2-3 menit. Sementara wanita rata-rata mencapai 6 menit. Vingerhoets juga menyebutkan wanita lebih mungkin untuk 'menikmati' menangis hingga lebih dari satu jam seperti dikutip laman Live Science, Jumat (8/1/2015).

Tak cuma wanita dari negara kita yang lebih sering menangis, hal ini lumrah terjadi pada kaum hawa di seluruh dunia.

Namun frekuensi menangis lebih sedikit terjadi pada mereka yang tinggal di negara-negara miskin seperti Ghana, Nepal, dan Nigeria seperti diungkap dalam studi pada 2011 yang diterbitkan Jurnal Cross-Cultural Research. Hal ini bisa jadi karena kondisi yang miskin menghalangi ekspresi emosional mereka, termasuk menangis.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


via Harian Bingo
Blog, Updated at: Friday, January 08, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts