Baru, Roti Ungu yang tak Membuat Tubuh Anda Gemuk

Posted By Sendal on Monday, March 28, 2016 | Monday, March 28, 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roti tawar putih atau yang tidak terbuat dari gandum dikatakan sebagai musuh orang-orang yang tengah berdiet. Hal ini karena makanan tersebut sering kali dikaitkan dengan kalori yang tinggi, sehingga rentan menyebabkan obesitas.

Meski ada roti gandum, tak semua orang menyukai jenis roti yang satu ini karena rasanya yang cukup jauh berbeda dengan roti putih. Karena itulah, seorang ilmuwan di Singapura mencoba memecahkan permasalahan ini.

Dengan mempertahankan tekstur dan rasa roti tawar putih, Profesor Zhou Weibiao membuat roti pengganti yang baik untuk tubuh. Meski demikian, ia menciptakan dengan tampilan yang berbeda. Roti ini memiliki warna unik, yaitu ungu.

Profesor dari Universitas Nasional Singapura tersebut mengubah formula roti pengganti dengan tekstur lembuh dan rasa nikmat, persis seperti roti tawar putih. Seluruh bahan yang digunakan untuk membuat roti tersebut berasal dari bahan alami, seperti buah anggur dan blueberry, serta beras hitam.

Saat dipanggang, roti lebih dulu diresapi dengan zat antosianin, sejenis antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Ketika itulah, senyawa dari bahan-bahan yang digunakan dalam membuat roti tersebut bereaksi dan membuat warna makanan ini menjadi ungu.

"Jadi roti ungu ini menjadi salah satu makanan super yang memiliki tekstur dan rasa persis seperti roti putih, namun tidak akan mudah membuat Anda gemuk," ujar Weibiao, dilansir Oddity Central.

Selain bisa mencegah obesitas, kandungan antioksidan yang ada dalam roti ungu bisa membantu mencegah penyakit jantung. Bahkan, beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti kanker dan saraf juga bisa dicegah dengan konsumsi secara rutin.

Hingga saat ini, roti ungu belum tersedia untuk umum. Namun, secepatnya Weibiao akan mendistribusikannya ke pasaran agar banyak orang bisa mengkonsumsinya.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Monday, March 28, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts