Ini Fakta Seputar Penyakit Tuberkulosis

Posted By Sendal on Friday, March 25, 2016 | Friday, March 25, 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga saat ini penyakit tuberkolosis (TB) masih menjadi persoalan kesehatan serius bagi masyarakat dunia. Di Indonesia kasus penderita tuberkulosis juga banyak ditemukan.

Bahkan, Indonesia masuk empat besar negara dengan penderita tuberkulosis terbanyak di dunia. Berikut fakta seputar penyakit yang menyerang paru-paru ini:

1. Data WHO tahun 2014 menyebutkan terdapat sebanyak 9,6 juta orang menderita tuberkulosis dan 1,5 juta diantaranya mengalami kematian. 

2. Di Indonesia 10 hingga 30 orang diantara 1.000 penduduk terinfeksi tuberkulosis setiap tahunnya.

3. Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang menjadi penyebab kematian kedua setelah HIV/AIDS. 

4. Pencegahan penularan tuberkulosis bisa dilakukan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, Seperti tidak merokok dan meningkatkan kebersihan lingkungan.

5. Bagi penderita tuberkulosis harus selalu menggunakan masker saat batuk atau bersin agar tidak ada orang di sekeliling yang tertular. 

6. Penularan tuberkulosis juga bisa terjadi melalui cairan ludah penderita. 

7. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menjalani pengobatan secara teratur hingga dinyatakan sembuh total dengan waktu pengobatan berkisar enam sampai delapan bulan.

8. Pasien tuberkulosis yang tidak teratur minum obat akan sukar disembuhkan penyakitnya karena kuman menjadi kebal terhadap obat tuberkulosis.

9. Kuman tuberkulosis dalam tubuh akan berkembang menjadi lebih banyak dan menyerang organ tubuh lainnya. 

 



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Friday, March 25, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts