Pemerintah Harap Suku Cadang Utama Bisa Diproduksi di Indonesia

Posted By Sendal on Tuesday, March 29, 2016 | Tuesday, March 29, 2016

http://ift.tt/1MxRfbN Jakarta -Berkembangnya industri otomotif Indonesia, jelas tidak akan bisa lepas dari peran komponen pendukung seperti suku cadang. Kementerian Perindustrian berharap agar komponen utama bisa diproduksi di RI..

Seperti yang disampaikan Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, di INAPA dan IIBT 2016, Selasa (29/3/2016).

"Bicara soal komponen, itu kan ada dua. Yaitu komponen yang critical atau utama, dan komponen non critical. Kita (Kemenperin) berharap komponen utama hadir di Indonesia," ujar Putu.

Sehingga, lanjut Putu. Banyak perusahaan asing tidak hanya menjual komponen di Indonesia. Melainkan ikut memproduksi atau melokalisasikan komponen.

"Kita berharap komponen utama hadir (diproduksi) di Indonesia, sehingga terjadi komunikasi dan keputusan, mereka tidak hanya menjual komponen atau spare part tapi juga melokalisasikannya di Indonesia," kata Putu.

Bahkan karena perusahaan komponen China saat ini tengah ikut memperlihatkan, kesanggupan dirinya dalam memproduksi komponen di Ajang INAPA dan IIBT 2016. Putu seakan memberikan contoh nyata agar perusahaan komponen China ini bisa memproduksinya di China.

"Salah satu perusahan mobil di China, Wuling, akan memulai produksi di Indonesia 2017, yang tentunya membutuhkan banyak sekali industri komponen. Oleh sebab itu perlu mengidentifikasi komponen-komponen mana yang masih diperlukan untuk dilokalisasi, mengidentifikasi komponen mana yang critical dan non-critical, mengidentifikasi juga bagaimana keterkaitannya dengan industri kecil serta menengah," katanya.

"Supaya dengan pertumbuhan ini ada bagian yang bisa dikerjakan oleh industri kecil dan menengah. Contoh sederhana memasang ban pada pelek, masa ini harus dilakukan oleh perusahaan asing, mestinya ini bisa dikerjakan oleh industri kecil dan menengah. Kami harapkan Askarindo (Asosiasi Karoseri Indonesia) juga membantu mengembangkan industri kecil dan menengah," tambahnya di INAPA dan IIBT.

Foto: M Luthfi Andika

(lth/ddn)

Let's block ads! (Why?)



Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Tuesday, March 29, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts