Ssst... Ini Dia Cara Efektif Kendalikan Porsi Makan

Posted By Sendal on Wednesday, April 27, 2016 | Wednesday, April 27, 2016

REPUBLIKA.CO.ID, Psikolog Brian Wansink sekaligus penulis buku Mindless Eating: Why We Eat More Than We Think mengungkap, peralatan makan yang terlalu besar membuat kita mengonsumsi porsi makanan yang lebih banyak. Hal itu ia simpulkan dari banyak percobaan yang telah ia lakukan.

Sebuah sendok es krim besar membuat Anda mengambil lebih banyak es krim, gelas kaca pendek juga membuat Anda menuangkan lebih banyak jus. Wansink menyebutnya sebagai ilusi ukuran kontras.

"Bahaya nyata dari perangkap peralatan dapur ini adalah setiap orang percaya bahwa mereka kebal terhadapnya," kata ia.

Wansink menuturkan, satu-satunya kelompok usia yang kebal terhadap porsi besar adalah anak-anak kecil. Sampai usia tiga atau empat tahun, anak-anak memiliki kemampuan yang patut ditiru untuk berhenti makan saat kenyang.

Setelah usia itu, aturan diri mengenai rasa lapar tampaknya hilang. Fakta ini juga telah diuji dalam berbagai penelitian dan disebut menjadi fenomena lintas budaya di berbagai negara.

Cara mudah untuk mengatasinya adalah makan dan minum menggunakan peralatan yang lebih kecil. Dengan demikian, Anda bisa menentukan porsi makanan yang masuk akal pada piring dan menguasai diri.

Ketika memasak untuk diri sendiri, cobalah berpegang pada beberapa aturan sederhana. Misalnya, jika piring dibagi menjadi sayuran, karbohidrat dan protein, maka sayuran harus menjadi bagian terbesar, dikutip dari Guardian.

(baca: Ini Dia Efek Makan Sebelum Tidur Malam)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Wednesday, April 27, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts