Konsumsi Gula Tinggi Dapat Merusak Wajah

Posted By Sendal on Thursday, May 26, 2016 | Thursday, May 26, 2016

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang telah mengetahui, mengonsumsi gula dengan kadar yang tinggi akan menyebabkan bahaya. Mulai dari pembusukan gigi hingga penambahan lemak di pinggang Anda.

Namun hanya sedikit orang yang mengetahui, gula dapat memberikan efek serius pada wajah. Dilansir dari Independent, sebuah fenomena yang dikenal dengan nama 'wajah gula' atau sugar face bisa terjadi ketika seseorang memakan gula dengan dosis tinggi. 

Sugar face bisa menyebabkan timbulnya jerawat, timbulnya kantong di bawah mata dan kulit pucat. Para ilmuwan bahkan memperingatkan, gula dapat memberikan masalah pada wajah, lebih banyak dari yang disadari oleh Anda.

Tamara Griffiths dari British Association of Dermatologists mengatakan, makanan manis memiliki indeks glikemik (GI) tinggi yang mengakibatkan beban gula dengan cepat masuk ke dalam tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan fluktuasi dramatis dalam hormon insulin.

"Seiring dengan berjalannya waktu, gula dapat mengakibatkan resistensi insulin dan diabetes, yang dapat mempercepat proses penuaan," jelas Griffiths. 

Gula bisa mengganggu ikatan kolagen yang pada gilirannya dapat membuat kulit kehilangan kesegaran dan terlihat lebih gemuk. Menelan makanan manis dapat berdampak langsung terhadap penuaan kulit karena merusak glikasi lanjut (AGEs) yang mengikat kolagen dan komponen kulit lainnya.

Ahli dermatologi lain memperingatkan, gula adalah agen dehidrasi, dapat meningkatkan produksi minyak di kulit, dan mendorong kulit menjadi berjerawat. Namun, asupan gula yang seimbang dalam gaya hidup sehat, tidak perlu ikut dikhawatirkan, karena hanya konsumsi gula tinggi yang harus diwaspadai.  Gula baik dikonsumsi sebanyak 30 gram per hari, dalam diet harian Anda.

 

 



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Thursday, May 26, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts