Mengenal Parkinson, Penyakit yang Mengandaskan Muhammad Ali

Posted By Sendal on Sunday, June 05, 2016 | Sunday, June 05, 2016

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Petinju legendaris Muhammad Ali meninggal dunia pada Jumat (3/6). Sang legenda berpulang setelah berjuang melawan penyakit parkinson, yang dideritanya sejak tahun 1984 ketika berumur 42 tahun.

Dunia menyaksikan penyakit itu secara bertahap telah kian memperburuk kondisi Ali selama beberapa dekade. Dilansir dari The New York Times, Ahad (5/6) berikut ini beberapa hal yang patut diketahui tentang Parkinson.

Apakah penyakit Parkinson?
Penyakit ini progresif, menimbulkan kerusakan tak tersembuhkan di bagian otak yang menghasilkan zat kimia yang diperlukan untuk membawa sinyal ke daerah yang mengendalikan gerakan.

Apa penyebabnya?
Penyebab pasti tidak diketahui. Seperti banyak gangguan penyakit, para ahli menduga kombinasi gen dan lingkungan. Artinya, orang dengan genetika tertentu mungkin cenderung menderita penyakit ini jika terpapar faktor lingkungan tertentu.

Cedera kepala yang berkelanjutan dalam tinju, adalah beberapa faktor pemicu Parkinson yang terdaftar dalam National Parkinson Foundation. Faktor inilah yang ditengarai berperan dalam kasus Muhammad Ali,

Bisakah Parkinson diobati?
Obat hanya dapat meringankan gejala untuk sementara waktu, tetapi penyakit ini terus berkembang. Dalam beberapa kasus, perangkat implan yang disebut deep brain stimulator dapat membantu meringankan gejala. Tapi, Parkinson tidak dapat disembuhkan.

Apakah Parkinson itu fatal?
Penyakit itu tidak fatal. Banyak orang, seperti Ali, bertahan hidup bersama penyakit itu selama beberapa dekade. Tapi, gejala Parkinson yang kian memburuk mempengaruhi organ lain. Penyakit ini sering menyebabkan masalah pernapasan, seperti yang dialami Ali.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Sunday, June 05, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts