Tanda Tubuh Memberitahu Cara Olahraga Anda Salah

Posted By Sendal on Thursday, June 02, 2016 | Thursday, June 02, 2016

REPUBLIKA.CO.ID, Anda pasti pernah merasakan semangat yang membara saat berolahraga bukan? Terlebih Anda selalu berpikir bahwa bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Dengan motivasi kebugaran seperti ini, tak heran banyak orang berpikir bahwa melalui latihan yang keras mereka akan dapat hasil yang diharapkan.

"Memang benar bahwa perasaan sedikit sakit setelah latihan adalah hal yang baik," kata Jessica Matthews, asisten profesor ilmu olahraga di Miramar Tinggi di San Diego dan penasihat senior kesehatan dan pendidikan kebugaran di American Council on Exercise. "Ini berarti otot Anda semakin kuat."
 
Tapi Matthews memperingatkan bahwa beberapa jenis nyeri yang dirasakan setelah berolahraga merupakan sebuah sinyal masalah, seperti cedera berlebihan. Dilansir dari Prevention untuk mengetahui apakah olahraga  yang  Anda lakukan selama ini menyakiti tubuh atau tidak, perhatikan tanda-tanda berikut ini.

Otot-otot Anda bergetar hebat
"Beberapa gemetar tidak perlu terlalu diperhatikan," kata Matthews. Tetapi jika lengan Anda mulai bergetar pada 7,0 skala Richter atau lebih dari itu, itu tanda kegagalan otot. Tidak hanya Anda akan mengalami hilang keseimbangan bahkan terjatuh, tapi Anda berada di fase mengalami cidera. "Ketika Anda terlalu lelah, Anda tidak akan dapat mempertahankan bentuk yang tepat selama latihan," kata Matthews. "Itu dapat menyebabkan ketegangan otot."

Anda tiba-tiba merasakan nyeri

Umumnya pasti Anda mengira, merasakan sakit  pada otot Anda setelah berolahraga merupakan hal yang biasa terjadi. Tapi rasa sakit yang muncul dengan cepat dan tiba-tiba menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah. "Jangan mencoba untuk memaksakan bergerak," kata Moira McCarthy, MD, seorang ahli bedah ortopedi yang mengkhususkan diri dalam kedokteran olahraga di Rumah Sakit Khusus Bedah di New York City. "Itu bisa menyebabkan cedera otot atau sendi."



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Thursday, June 02, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts