Catatan Perjalanan Karir Menkominfo Rudiantara

Posted By Sendal on Monday, September 19, 2016 | Monday, September 19, 2016

Nama Rudiantara tidak asing lagi di telinga masyarakat dan khususnya di industri telekomunikasi Tanah Air. Pria kelahiran Bogor, 3 Mei 1959 itu telah mengenyam karir dan jabatan tinggi di beberapa operator telekomunikasi.

Diambil dari berbagai sumber, Rudiantara menempuh pendidikan Sarjana Statistik dari Universitas Padjadjaran dan menjadi General Manager Marketing Indosat pada 1986.

Setelah bergabung di Indosat dan melepas perusahaan tersebut, Rudiantara kemudian beralih ke bidang lain dan menduduki posisi Wakil Presiden Direktur PT Semen Indonesia (PERSERO) dan Semen Gresik Persero.

Hingga 1996, Rudiantara kembali ke dunia telekomunikasi dan diberikan tanggungjawab sebagai Chief Operating Officer di PT Telekomindo. Setelah PT Telekomindo, tahun demi tahun berjalan Rudiantara kemudian memegang beberapa jabatan eksekutif di Indosat serta Telkomsel.

Selama di dunia telekomunikasi, pria yang meraih gelar MBA dari IPPM (Institut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen) itu juga memegang jabatan Sekretaris Jenderal Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI) pada periode 2003-2007.

Di tengah masa jabatan tersebut, pada 2005 Rudiantara dipercaya menjabat posisi direktur PT XL Axiata Tbk yang dahulu bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk hingga 2008.

Karir Rudiantara tidak hanya di ranah telekomunikasi, tetapi berbarengan di bidang lainnya. Pada September 2006, pria berusia 57 tahun itu menduduki jabatan strategis di PT Semen Gresik Tbk sebagai wakil presiden direktur.

Di tahun yang sama, Rudiantara juga menjadi wakil presiden direktur PLN. Rudiantara berjasa terkait pengumpulan dana pembangunan pembangkit listrik 10 ribu megawatt, walau kemudian ia mengundurkan diri pada 2009.

Di sela-sela kiprahnya di PLN, pada 2008 Rudiantara ditunjuk menjadi salah satu komisaris di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Lalu, status pria yang akrab dipanggil Chief RA itu menjadi Komisaris Independen sejak 2011 hingga 2012.

Pada 2012, ia menjadi Komisaris Independen di PT Indosat Tbk serta memegang peranan sebagai Presiden Komisaris PT Rukun Raharja pada 2014. Pria berkacamata itu kini menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) periode 2014-2019.

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2d5KSkV

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Monday, September 19, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts