Perkembangan Teknologi Penyimpanan dari Masa ke Masa (1)

Posted By Sendal on Friday, September 16, 2016 | Friday, September 16, 2016

JAKARTA – Penyimpanan data sangat erat hubungannya dengan semua orang, baik metode dengan menyimpan di album foto, program komputer, atau sistem bisnis krusial di perusahaan besar. Dengan berkembangnya teknologi, komputer telah memungkinkan manusia untuk menyimpan data secara lebih efisien dari waktu ke waktu.

Lebih dari hampir seabad lalu, perkembangan teknologi penyimpanan telah dimulai. Berikut timeline penemuan perangkat penyimpanan sejak 1920-an seperti dilaporkan ZDNet:

BERITA REKOMENDASI


Tape Magnet, 1928

Fritz Pfleumer, seorang insinyur Jerman, mematenkan pita magnetik pada 1928. Ia mendasarkan penemuannya pada penemuan kawat magnetik Valdemar Poulsen.

Drum Magnetik, 1930-an

G Taushek, seorang penemu di Austria menemukan drum magnetik pada 1932. Penemuannya berdasarkan temuan Fritz Pfleumer.

Tube Williams, 1940-an

Profesor Fredrick C Williams dan rekan-rekannya mengembangkan random access memory komputer pertama di University of Manchester yang terletak di Inggris. Dia menggunakan serangkaian tabung sinar katoda elektrostatik untuk penyimpanan digital. Sebuah penyimpanan 1.024 bit informasi telah berhasil diimplementasikan pada 1948.

Tabung Selectron, 1984

Pada 1984, Radio Corporation of America (RCA) mengembangkan tabung Selectron, bentuk awal dari memori komputer, yang menyerupai desain Williams-Kilburn.

Delay Line Memory
Delay line memory terdiri atas memisahkan pola informasi ke jalur penundaan. Sebuah loop tertutup memungkinkan resirkulasi informasi jika ujung jalan keterlambatan menghubungkan ke awal melalui penguatan dan waktu sirkuit. Sebuah delay line berfungsi mirip memori dengan memasukkan nomor telefon yang berulang dari direktori sampai seseorang memanggil nomor tersebut.

Magnetik Core, 1950

Sebuah memori core magnetic yang juga diketahui sebagai memori ferrite core menggunakan cincin magnetik yang terbuat dari keramik untuk menyimpan informasi dari polaritas ke medan magnetik yang dibawanya.

Kaset Audio, 1963

Pada 1963, Philips memperkenakan kaset audio. Philips awalnya bermaksud menggunakan kaset audio untuk diktat mesin namun menjadi populer untuk merekam musik. Sony Walkman berkontribusi dalam kepopuleran kaset musik ini.

Sel DRAM, 1966

Pada 1966, Robert H Dennard menciptakan sel DRAM. Teknologi dinamis random access memory (DRAM), atau sel memori yang berisi satu transistor. Sel DRAM menyimpan bit informasi sebagai muatan listrik dalam suatu rangkaian. Sel DRAM meningkatkan kepadatan memori secara keseluruhan.

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2cCS8iD

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Friday, September 16, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts