Kisah Heroik Yuri Gagarin dalam Misi Roket Vostok 1

Posted By Sendal on Wednesday, October 05, 2016 | Wednesday, October 05, 2016

JAKARTA – Tahukah Anda jika roket pertama yang membawa manusia ke luar angkasa bukanlah ciptaan NASA. Roket tersebut merupakan karya bangsa Rusia dan membawa satu astronot.

Pada 1960 terjadi perang dingin antara Amerika Serikat dengan Rusia. Kala itu keduanya ingin membuat sejarah sebagai negara pertama yang mengirim manusia ke luar angkasa.

BERITA REKOMENDASI


Secara diam-diam Rusia meluncurkan sebuah program yang dinamakan Vostok. Sebelum mengirim astronot ke angkasa, Negeri Beruang Merah melakukan serangkaian uji coba roket tanpa awak. Setelah mengalami sejumlah kegagalan, program Vostok akhirnya berhasil meluncurkan roket.

Rusia sendiri juga melakukan seleksi astronot untuk mencari seseorang yang pas dalam misi berbahaya ini. Melalui serangkaian tes, akhirnya panitia memilih Yuri Gagarin sebagai astronot dari Roket Vostok 1.

Akhirnya pada 12 April 1961, misi siap dijalankan. Yuri memasuki kokpit Roket Vostok 1 pada pukul 04.10 UTC. Sayangnya, peluncuran roket sempat tertunda karena pintunya tidak tertutup dengan baik.

Setelah diperbaiki, akhirnya roket berhasil meluncur pada 06.07 UTC. Roket tersebut berhasil melakukan misi mengitari Bumi selama 108 menit. Saat berada di orbit, Roket Vostok 1 dikendalikan secara otomatis dari ruang kontrol darat.

Setelah selesai mengitari Bumi, roket siap kembali mendarat. Pada 08.05 UTC, Roket Vostok 1 mendarat dengan selamat di Bumi. Demikian seperti dikutip dari GSM Arena, Rabu (5/10/2016).

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2ds6cOQ

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Wednesday, October 05, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts