Kejadian Tsunami saat Kiamat dan Penjelasannya di Alquran

Posted By Sendal on Friday, November 04, 2016 | Friday, November 04, 2016

JAKARTA - Hari kiamat adalah suatu peristiwa di mana alam semesta beserta isinya luluh lantah. Salah satu peristiwa penting saat kiamat adalah meletusnya gunung yang disertai dengan Tsunami.

Momen terjadinya Tsunami digambarkan dalam Surah Al Infithar Ayat 3. Ayat tersebut menceritakan bagaimana air laut meluap hingga ke darat. "Dan apabila lautan dijadikan meluap," bunyi ayat tersebut.

BERITA REKOMENDASI


Seperti dikutip dari buku 'Sains berbasis Alquran' karangan Ridwan Abdullah Sani, ayat ini dapat diartikan sebagai peristiwa di mana air disemprotkan dan dipancarkan ke segala arah.

Kejadian Tsunami umumnya terjadi di daerah yang dekat dengan pertemuan lempeng bumi. Namun jika tsunami pada semua bagian pertemuan lempeng bumi, maka semua daerah dapat menerima tsunami kiriman akibat air laut naik sangat tinggi.

Kejadian lain yang disebabkan oleh bergeraknya lempeng bumi secara serentak adalah pelepasan gas metan dari celah bumi ke laut beserta energi termal dari dalam bumi sehingga terjadi pemanasan air laut. Kejadian memanasnya air laut dijelaskan dalam ayat berikut.

"Dan apabila lautan dipanaskan," bunyi Surah At Takwir Ayat 6.

Pelepasan gas metan dan energi termal secara terbatas dari dasar laut sebenarnya telah terjadi di beberapa tempat dengan adanya gunung berapi di dasar laut.

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2eEF3qo

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Friday, November 04, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts