Bisnis Sewa Sepeda Online Ini Laku Rp 37 Triliun

Posted By Sendal on Thursday, April 05, 2018 | Thursday, April 05, 2018

https://ift.tt/2q6e4vB
Beijing - Startup persewaan sepeda secara online makin populer. Bahkan salah satu perusahaan rintisan yang bergerak di bidang bike sharing ini, baru saja laku terjual USD 2,7 miliar atau di kisaran Rp 37 triliun.

Adalah perusahaan layanan online Meituan Dianping yang memutuskan melakukan akuisisi pada startup sewa sepeda Mobike. Tidak disebutkan besar akuisisi yang melibatkan dua perusahaan China tersebut, tapi sumber mengatakan jumlahnya USD 2,7 miliar.

Mobike yang juga didukung oleh Tencent pun semakin kuat dalam menghadapi rival utamanya, Ofo. Dikutip detikINET dari Reuters, Ofo didukung oleh e-commerce terbesar di China besutan Jack Ma, Alibaba.

Baik Mobike dan Ofo telah mendapatkan pendanaan ratusan juta dolar dari investor. Namun mereka masih merugi karena harus bakar uang mengembangkan layanannya baik di China maupun mancanegara. Baik Mobike dan Ofo mengklaim masing-masing memiliki 200 juta user.

Sebagai bagian dari akuisisi, Meituan dan Mobike saling berbagi teknologi, operasional, marketing dan sumber daya lainnya. Mobike yang melayani sekitar 30 juta sewa sepeda per hari akan tetap mempertahankan mereknya dan manajemennya pun tak berganti.

Banyak warga China mengandalkan sepeda. Tak heran persewaan sepeda secara online melalui smartphone laku keras di sana sehingga menarik perhatian para perusahaan raksasa.

Beijing dan kota-kota China lain memang ramah sepeda dan pemerintah menyediakan jalur khusus yang terpisah dengan kendaraan lain. Menurut riset iResearch, industri bike sharing bisa bernilai sampai USD 3,8 miliar di tahun 2019. (fyk/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2GE9mf3
via Harian Bingo
Blog, Updated at: Thursday, April 05, 2018

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts