Sekolah di China Gunakan Kamera Canggih untuk Awasi Muridnya

Posted By Sendal on Friday, May 18, 2018 | Friday, May 18, 2018

https://ift.tt/2GtbIMT
Jakarta -

Sebuah sekolah menengah di China menggunakan kamera dengan kecerdasan buatan yang mampu mengenali wajah untuk mengawasi murid-muridnya di kelas.

Hangzhou No.11 Middle School baru saja memasang 'sistem manajemen sikap ruang kelas pintar' untuk melihat ekspresi dan pergerakan murid, kemudian dianalisis menggunakan big data untuk memastikan mereka memberi perhatian sepenuhnya di kelas.

"Sistem ini hanya mengumpulkan ekspresi wajah murid dan informasi tentang sikap mereka," kata Wakil Kepala Sekolah, Zhang Guanqun kepada outlet berita the Paper, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (18/5/2018).

Sistem ini akan mampu mengenali aktivitas murid di dalam kelas. Misalnya jika murid sedang membaca atau mendengar - atau bahkan sedang tertidur di mejanya. Sistem ini juga dapat mendeteksi ekspresi wajah seperti bahagia, sedih, takut, dan bingung.

Level perhatian murid dapat diketahui secara real-time oleh guru. Level perhatian ini akan muncul di layar dalam bentuk nilai.

"Ini dapat meningkatkan interaksi antara guru dan murid," tambah Guanqun.

Penggunaan sistem ini sendiri menimbulkan kontroversi. Salah satu netizen China meninggalkan komentar di media sosial China, Weibo, yang menyatakan bahwa murid-murid tersebut hanya anak-anak bukan target diktator.

China merupakan salah satu negara yang melakukan pengawasan yang sangat ketat terhadap warga negaranya untuk mencegah tindakan kriminal. Namun, masyarakat mengkhawatirkan pengawasan yang berlebihan ini akan mengubah China menjadi surveillance state.

(jsn/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2rOrzRO
via Harian Bingo
Blog, Updated at: Friday, May 18, 2018

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts