Gerombolan Satelit Kecil NASA Bisa Bantu Pelajari Iklim Bumi

Posted By Sendal on Wednesday, November 09, 2016 | Wednesday, November 09, 2016

CALIFORNIA – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan meluncurkan segerombolan satelit kecil ke orbit Bumi. Hal itu pun memungkinkan NASA mempelajari perubahan iklim Bumi, serta pola cuaca yang dihasilkan karena perubahan tersebut.

Satelit-satelit kecil itu disebut 'smallsats' dan mereka digambarkan sebagai versi 'next-gen' dari teknologi ini. NASA mengungkap detail satelit kecil tersebut baru-baru ini selama konferensi yang dilakukannya, dan ia berencana untuk merilis segerombolan satelit kecil ke dalam orbit beberapa bulan mendatang.

BERITA REKOMENDASI


Sebagaimana diwartakan Slash Gear, Rabu (9/11/2016), Smallsats bermanfaat untuk sejumlah alasan, salah satunya biaya mereka berkurang. Dengan menjaga biaya ini, NASA mampu melakukan penelitian yang diperlukan. Selain itu, satelit kecil ini juga memungkinkan para peneliti di luar NASA melakukan penelitian mereka sendiri, serta menguji teknologi baru tanpa mengambil biaya cukup besar.

NASA tampaknya berencana merilis smallsats ini dalam kelompok kecil sebagai bagian dari misi khusus. Dalam misi pada Desember misalnya, NASA akan menggunakan satelit untuk mempelajari wilayah Bumi yang paling rentan terhadap badai, membantu mengembangkan teknologo prediksi, dan banyak lagi.

Selain itu, NASA juga akan melakukan hal serupa di daerah rawan siklon tropis. Misi NASA lainya dijuluki Radiometer Assessment menggunakan misi Vertically Aligned Nanotubes akan menggunakan beberapa CubeSats untuk mempelajari efek gas rumah kaca di seluruh dunia dan membantu menjelaskan perubahan iklim.

Misi tambahan bisa terjadi dengan menggunakan teknologi serupa di masa depan, meskipun tidak jelas apakah misi tertentu lainnya sedang dalam rencana NASA itu sendiri.

Let's block ads! (Why?)

https://img.okezone.com/dynamic/content/2016/11/09/56/1537019/gerombolan-satelit-kecil-nasa-bisa-bantu-pelajari-iklim-bumi-FHi4QkADax.jpg?w=400

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Wednesday, November 09, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts