Ini Perbedaan Laptop dan Notebook

Posted By Sendal on Wednesday, November 09, 2016 | Wednesday, November 09, 2016

JAKARTA - Perkembangan teknologi kian meningkat, mulai dari komputer portabel yang beratnya 4-8 pon atau sekira 2 sampai 4 kilogram, hingga lahirnya komputer jinjing yang biasa disebut laptop.


Lantas apa perbedaan mendasar antara laptop dan notebook, sebagaimana dilansir dari Diffen, Rabu (9/11/2016), berikut ini perbandingannya.

BERITA REKOMENDASI


 

Laptop

Laptop merupakan perangkat mobile pengganti PC desktop. Komputer jinjing yang dapat dibawa bepergian. Dengan ukuran yang standar membuatnya lebih efisien untuk dibawa ke mana saja.

Laptop memiliki kelebihan tempat untuk memutar DVD. Kekurangannya, ada pada beratnya sekira 3-4 kilogram, baterai yang cepat habis, dan harga sedikit lebih mahal daripada PC.

 

Notebook

Disebut notebook karena ukurannya lebih kecil dari laptop, kelebihannya adalah daya tahan baterai yang awet, nyaman, dan sangat simple. Kekurangannya adalah keterbatasan fitur dan umumnya tidak mendukung untuk bermain game.

Bedanya dengan laptop, notebook tidak memiliki tempat untuk memutar CD atau DVD, maka dari itu diperlukannya perangkat tambahan seperti DVD eksternal.

 

Manufaktur

Laptop: Apple, Dell, Toshiba, Acer, Asus Lenovo, HP, Samsung, Sony, MSI, AlienWare, Microsoft. Sementara notebook: HP, Apple, Samsung, Sony, Toshiba, Dell.

 

Fungsi

Laptop diciptakan untuk meniru fungsionalitas penuh dari PC desktop dengan penambahan portabilitas. Perangkat ini khas memiliki memori 1 TB hard drive atau solid state drive (SSD), kapasitas RAM 4-12 GB, dan resolusi layar HD.

Keyboard yang ditawarkan lengkap dan besar, sekitar 13 hingga 18 inci. Sementara notebook biasanya menyajikan memori 512 GB pada hard drive, RAM 2-4 GB, kualitas layar bervariasi. Untuk keyboard berukuran mulai dari 8,5-12,5 inci.

 

Harga

Harga untuk laptop baru terbilang bervariasi tergantung merek, layar, spesifikasi, dan konfigurasi hardware. Laptop dengan spek low-end cenderung dengan harga banderol USD500, sementara laptop kategori high-end USD1.000.

Let's block ads! (Why?)

https://img.okezone.com/dynamic/content/2016/11/09/57/1537129/ini-perbedaan-laptop-dan-notebook-X2ofIXnP8M.jpg?w=400

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Wednesday, November 09, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts