Kiwi, Buah yang Kaya Kandungan Nutrisi

Posted By Sendal on Thursday, June 04, 2015 | Thursday, June 04, 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda senang makan buah? Buah apa yang paling Anda sukai? Apel, jeruk, pisang atau mangga? Pernah coba makan buah Kiwi?

Biasanya, kiwi dikenal sebagai buah yang memiliki rasa masam dan terkenal akan kelegitan daging buahnya yang berwarna hijau. Namun ternyata, ada kiwi yang berwarna kuning dan rasanya cenderung manis.

"Perbedaan lainnya ada pada bulu yang terdapat di kulit kiwi, kiwi hijau lebih banyak bulunya," jelas Chief Representative Zespri International Limited, Deviana Nugraeni dalam acara Media Talkshow Zespri Awali dengan Kiwi, Start Your Day with Zespri® Kiwifruit di Jakarta, Kamis (4/6).

Selain rasanya enak, Kiwi ternyata memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Devi menjelaskan kiwi hijau atau kiwi Zespri® Green memiliki kandungan serat yang tiga kali lebih banyak dibanding jeruk dan mengandung enam kali nutrisi yang ada pada apel. Sedangkan kiwi kuning atau kiwi Zespri® SunGold mengandung tiga kali vitamin c pada jeruk juga 10 kali nutrisi pada apel.

Hal senada diakui oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik dari FKUI, Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc MS SpGK. Menurutnya buah kiwi mengandung vitamin C dan serat yang tinggi. Selain itu kiwi juga mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin E dan berbagai nutrisi lainnya.

Buah kiwi Zespri® SunGold merupakan buah yang sangat bernutrisi dengan angka kecukupan nutrisi adalah 18,7 per 100 gram penyajian. Sementara buah kiwi Zespri Green mengandung 11,4 per 100 gram penyajian angka kecukupan nutrisinya. Sedangkan apel angka kecukupan nutirisnya hanya 1,8 dan jeruk 8,1 per 100 gram penyajian.

Angka kepadatan nutrisi kiwi Zespri® SunGold juga tinngi yaitu 24,4 per 100kcal, sedangkan kiwi Zespri® Green angka kepadatan gizinya 20 per 100kcal. Jeruk hanya 17,2 per 100kcal sedangkan apel 3,5 per 100kcal.

Sementara untuk angka indeksi glikemiknya pada kiwi lebih rendah dibanding apel dan jeruk. Kiwi hijau angka indeks glimeknya 48,5 sedangkan buah lainnya angkanya tinggi, nanas misalnya angka indeks glikemiknya mencapai 66.

Angka kecukupan nutrisi yang tinggi dikarenakan Zespri® SunGold mengandung serat yang tinggi, antioksidan, mineral, dan vitamin E, dan vitamin C yang tinggi.

"Kiwi Zespri merupakan buah kiwi dengan kandungan vitamin C tertinggi, dengan vitamin C tiga kali lebih tinggi dibandingkan jeruk dan nutrisinya sepuluh kali apel. Untuk kiwi Zespri SunGold mengandung 142 mg/100g dan kiwi hijau 85,1 mg/100 mg. Sedangkan jeruk yang selama ini dikenal mengandung vitamin c tinggi hanya mengandung 53,2 mg/100 g vitamin c," jelasnya.

Kiwi juga mengandung potasium tinggi sekitar 346 mg/100 g yang kadarnya hampir sama dengan yang terkandung dalam buah pisang yang mengandung 358 g/100 mg. Zespri® SunGold hadir dengan kandungan air yang lebih banyak, dan memiliki sifat sweeter when softer, rasanya lebih manis saat buahnya lebih lunak.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Thursday, June 04, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts