Peneliti Tokyo Buat Motor Listrik Nirkabel

Posted By Sendal on Friday, June 05, 2015 | Friday, June 05, 2015

http://ift.tt/1JvRekf Tokyo -Para peneliti di Universitas Tokyo mengembangkan sebuah teknologi baru dalam motor listrik. Canggihnya motor listrik yang mereka kembangkan tidak memerlukan kabel.

Biasanya sebuah mobil listrik memerlukan banyak sekali sistem perkabelan. Yang penempatannya memerlukan perhatian khusus. Tetapi kini para peneliti di Tokyo sudah menemukan obatnya.

Mereka memasang sebuah sistem motor listrik di roda yang bisa dengan langsung mentransmisikan tenaga ke masing-masing roda tanpa kabel.

“Teknologi ini akan membuka jalan pengembangan kendaraan listrik modern,” ujar salah seorang peneliti Hiroshi Fujimoto dikutip dari The Asahi Simbun.

Bagaimana cara kerja sistem motor listrik nirkabel ini? Teorinya cukup mudah dicerna. Sistemnya terdiri dari sebuah baterai sebagai penghasil daya. Daya itu disalurkan ke sebuah transmiting coil (kumparan pemancar). Nah daya tadi kemudian akan disalurkan dari transmiting coil ke receiving coil (kumparan penerima) tanpa kabel. Daya ini lah yang kemudian akan menggerakkan roda.

dok The Asahi Simbun

Jika melihat dari strukturnya, mobil dengan sistem seperti ini akan memiliki bobot yang lebih ringan.

Dibanding mobil listrik standar, sistem ini tidak memerlukan drive shaft yang secara mekanis menyalurkan tenaga ke masing-masing roda.

Para peneliti sudah menguji cobanya, dan dari hasil pengujian tersebut, motor listrik yang diselipkan pada roda ini, mampu berlari hingga 75 km/jam. (ddn/ddn)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.



Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Friday, June 05, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts