Yamaha Indonesia Kembangkan Circuit Log Viewer Untuk Evaluasi Ridernya di Sirkuit

Posted By Sendal on Saturday, June 06, 2015 | Saturday, June 06, 2015

Yamaha Indonesia Kembangkan Circuit Log Viewer Untuk Evaluasi Ridernya di Sirkuit

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sedang mengembangkan Circuit Log Viewer (CLV). Alat ini  merupakan alat bantu buat rider yang ingin melatih skill ridingnya di sirkuit.


Menurut M. Abidin, GM Service dan  Motorsport YIMM, sampai saat ini baru tersedia 5 alat yang siap dipakai dengan software yang di-custom, nantinya akan terus dikembangkan hingga beberapa alat.

CLV yang terpasang di motor, dilengkapi modul sensor dengan memory SD Card yang terhubung ke satelit. Lalu data yang dihasilkan sensor dan terkoneksi ke satelit akan dimunculkan melalui monitor yang sudah dilengkapi aplikasi pendukung CLV.

“Dari data yang dihasilkan CLV, nanti disesuaikan dengan data terbaik yang dimiliki Yamaha. Jadi alat ini hanya membantu mengevaluasi rider selama lakukan latihan untuk mendapatkan racing line dan setingan suspensi dan titik pengereman paling tepat,” terang Abidin.

Lanjut Abidin, dengan alat ini data yang bisa diambil diantaranya gambar racing line, posisi kemiringan motor, data tekan suspensi depan-belakang saat trek lurus atau menikung, FI sensor, hingga kekuatan rider saat menekan rem depan atau belakang yang semua datanya bisa dilihat tiap laps. "Untuk racing line memang menggunakan GPS. Jadi keakuratannya juga tergantung GPS di lokasi sirkuit," imbuhnya.

Sedangkan posisi motor, kemiringan kanan, kiri dan lainnya memakai Gyro sensor atau gyroscope yang biasa dipakai untuk robotic. Suspension sensor bisa dibaca untuk mengetahui kebutuhan suspensi dan pengereman yang dibutuhkan selama laps berjalan. Dan, FI sensor dan sensor lainnya untuk mengetahui RPM mesin dan FI seting yang pas.

Pemasangan alat ini mirip seperti memasang transponder saja. Nggak perlu terhubung ke ECU, karena fungsinya hanya merekam kondisi motor selama latihan berlangsung.
sumber (www.otomotifxtra.com)

Butuh informasi seputar otomotif di Indonesia, Langsung aja ke sumber yang paling Xtra disini
Facebook Fanpage www.facebook.com/otomotifxtra
Twitter : www.twitter.com/otomotifxtra
Official website : www.otomotifxtra.com
Blog, Updated at: Saturday, June 06, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts