Menguji Ketangguhan LG G4 Stylus Versi Murah

Posted By Sendal on Monday, August 31, 2015 | Monday, August 31, 2015

LG menghadirkan varian LG G4 yakni LG G4 Stylus. Sesuai namanya, perangkat phablet ini memiliki stylus atau S Pen, yang lebih dikenal di Samsung Galaxy Note. LG G4 Stylus sendiri baru akan resmi hadir di Indonesia awal September ini, dan beruntung Okezone mendapat kesempatan mencicipi ketangguhan ponsel keluaran Korea Selatan ini.

Sebenarnya, LG juga pernah membuat versi Stylus lainnya yakni LG G3 Stylus. Kini LG mengeluarkan versi Stylus kembali dari versi flagship terbarunya. LG G4 Stylus ini bukan hanya memiliki Stylus, tetapi memiliki harga cenderung lebih murah dibanding versi aslinya, LG G4.

Dengan harga lebih murah, tentu saja LG memangkas beberapa spesifikasi yang hadir di LG G4 Stylus. Ingin mengetahui seperti apa kehandalan LG G4 Stylus, yang merupakan versi murah ini, dengan banderol kisaran Rp3 juta.

Unboxing

Saat pertama kali membuka box dari segel, Anda akan menemukan beberapa benda di dalamnya. Tentunya selain LG G4 Stylus, di dalam box juga ditemui charger, yang kabelnya juga bisa dijadikan kabel USB. Kemudian ada buku panduan berbahasa Indonesia yang dikemas dengan kartu garansi. Selain itu juga ada headset. Semua barang tersebut dibalut dengan warna putih.

Desain & Layar

Ponsel versi murah G4 ini memiliki bodi yang bongsor, dengan layar lebih besar dibanding versi regulernya. LG G4 Stylus disokong bentang layar seluas 5,7 inci beresolusi HD, sementara G4 disokong layar 5,5 inci beresolusi FHD, sehingga G4 Stylus cukup nyaman digunakan untuk menelusuri dunia maya dan membaca e-book. Sementara itu, resolusi layar HD G4 Stylus sudah cukup baik untuk bersaing di kelasnya. Resolusi tersebut bisa menghasilkan kerapatan piksel sekira 258 ppi, jadi cukup jernih dan tajam untuk menghasilkan warna. Layar G4 Stylus mengadopsi pelindung dari Corning Gorilla Glass 3.

Bila menengok ke belakang ponsel, terdapat kamera yang sejajar dengan tombol volume. Tombol volume atas-bawah ini dihimpit dengan tombol power di tengahnya. Sementara di samping kamera, terdapat flash dan di sisi satunya terdapat semacam sensor untuk menangkap fokus.

Stylus LG G4 terdapat pada bagian atas sebelah kanan ponsel. Sementara menengok bagian bawah akan ditemukan port USB yang berfungsi untuk men-charge ponsel.

 

Pada bagian depan di bagian bawah layar terdapat logo LG, dan di bagian atas layar terdapat speaker. Di dekat speaker, tepatnya di sebelah kanan speaker terdapat kamera depan dan di sebelah kirinya terdapat lampu LED, sebagai pemberitahuan notifikasi yang masuk.

Menariknya, LG G4 Stylus tidak menggunakan desain unibody, sehingga memudahkan penggunanya mengganti baterai bila baterai ponsel rusak. Akan tetapi, back panel LG G4 Stylus sayangnya terbuat dari plastik.

Prosesor & Performa

LG G4 Stylus memakai prosesor octa-core MediaTek MT6592 berkecepatan 1.36 GHz. Prosesor tersebut dikawinkan dengan RAM 1 GB. Meskipun hanya dibantu RAM 1 GB, namun G4 Stylus masih mampu bekerja dengan baik. Terbukti, saat Okezone mencobanya membuka beragam aplikasi, varian G4 mampu mengerjakannya secara mulus, dan cukup cepat.

 

Kemudian G4 Stylus juga dipadukan dengan ruang penyimpanan 8 GB, yang digunakan untuk menyimpan beragam file seperti foto. Tidak puas dengan ruang penyimpanan tersebut, phablet varian G4 menyediakan slot microSD.

Di samping itu, smartphone juga diuji untuk bermain games, salah satunya Asphalt 8. Saat digunakan untuk bermain games, G4 Stylus bisa digunakan untuk bermain tanpa lag, dan juga menampilkan efek yang cukup baik.

 

Tidak ketinggalan, G4 Stylus juga dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, sehingga ponsel ini mampu bertahan selama sekira satu hari lebih, untuk penggunaan ringan.

Tidak lupa, perangkat LG terbaru ini juga di uji benchmark menggunakan AnTuTu. Dari hasil uji benchmark tersebut menunjukkan G4 Stylus mampu menghasilkan skor 30.234, dengan ranking tepat berada di bawah LG G3.

Kamera

Kamera LG G4 Stylus memiliki performa yang cukup baik, namun, fitur kamera ini tidak banyak membawa beragam mode di dalamnya. Pilihan mode yang ada dalam kamera tersebut meliputi mode panorama, dan mode auto. Pada pengaturan kamera LG G4 Stylus terdapat pilihan rasio, pengontrolan lewat kamera, lewat suara, dan timer.

 

Saat kamera ditembakkan dalam suasana gelap, kamera 13 megapiksel-nya mampu mendapatkan hasil yang bagus, dan jelas tanpa bantuan flash. Di samping itu, Okezone juga mencoba fokus yang ada di G4 Stylus, dengan cara memindahkan fokus foto ke benda berbeda dengan cepat, hasilnya, fokus kamera tersebut bisa diandalkan. Sementara kamera depannya yang beresolusi 5 megapiksel menghasilkan gambar bagus, namun sedikit terlihat noise, dan warna kurang tajam.

 

Di sisi lain, G4 Stylus bisa langsung membawa penggunanya untuk melihat foto, namun, jika tak sengaja menghapus foto, foto yang dipilih akan terhapus, tanpa adanya permission terlebih dalu. Tapi jangan khawatir, jika itu terjadi, G4 Stylus ini terdapat pilihan 'undo' di bawah foto untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Stylus

Selain spesifikasi, Stylus merupakan salah satu faktor yang membedakannya dengan G4. Secara keseluruhan Stylus yang dimilikinya cukup responsive terhadap perintah. Selain itu Stylus ini memberi kemudahan untuk berkreasi, seperti menggambar. Mencoba asyiknya menggambar dengan Stylus bisa di gunakan pada aplikasi quickmemo+.

 

Fitur

Phablet varian G4 ini meskipun hanya dibekali RAM 1 GB, namun memiliki fitur yang menarik, salah satunya dual window. Dual Window ini memungkinkan untuk membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, masuk ke menu setting, kemudian pilih general, dan geser tombol dual window ke on.

Kekurangan

- RAM 1 GB

- Ruang Penyimpanan 8 GB

- Kamera sedikit noise

- Bodi Plastik

Kelebihan

- Dual SIM

- Tidak Unibody

- S Pen

- Baterai 3.000 mAh (tahan lama)

- Layar 5,7 inci

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.

http://ift.tt/eA8V8J

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Monday, August 31, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts