NASA Gelar Simulasi untuk Astronot Mars

Posted By Sendal on Sunday, August 30, 2015 | Sunday, August 30, 2015

CALIFORNIA - Sebelum astronot diterbangkan ke Mars, badan antariksa Amerika Serikat (NASA) menggelar uji coba atau simulasi yang melibatkan beberapa peneliti. Pada Jumat (28/8/2015), satu grup yang terdiri dari enam orang menghuni sebuah kubah (dome) yang letaknya berada di gunung Hawaii Mauna Loa.

Dilansir Engadget, Minggu (30/8/2015), enam orang ini akan hidup di kubah tersebut selama satu tahun. Mereka terdiri dari astrobiologi asal Prancis, fisikawan asal Jerman, pilot asal Amerika Serikat, arsitek, dokter atau jurnalis dan ilmuwan.

Mereka diisolasi dalam kubah tersebut untuk menirukan misi berawak di planet merah. Misi luar angkasa 'ekstrem' tersebut mengharuskan manusia tinggal di Mars selama satu hingga tiga tahun.

Orang-orang terpilih ini akan tinggal bersama dalam sebuah kubah HI-SEAS (Hawaii Space Exploration Analog and Simulation) dengan ukuran lebar 36 kaki dan tinggi 20 kaki. Di dalamnya, mereka difasilitasi dengan ruangan pribadi untuk tidur dan sebuah meja.

Mereka hanya dapat pergi keluar kubah bila mereka menggunakan pakaian luar angkasa (spacesuit). Keenam orang tersebut juga tidak diberi akses untuk memakan makanan sesuai yang mereka inginkan, walaupun mereka dalam kondisi stres dengan kondisi kehidupan mereka.

Para sukarelawan ini bisa menyantap makanan kaleng seperti ikan tuna dan bubuk keju. Kondisi kehidupan tersebut akan dipantau oleh NASA dan mereka ingin menemukan bentuk konflik seperti apa yang mungkin ditimbulkan bila tinggal bersama dengan sedikit ruang privasi.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.

http://ift.tt/eA8V8J

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Sunday, August 30, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts