Mengenal Charging Qi, Isi Baterai Ponsel Tanpa Kabel

Posted By Sendal on Tuesday, September 01, 2015 | Tuesday, September 01, 2015

CALIFORNIA - Beberapa perangkat smartphone keluaran terbaru saat ini sudah mendukung pengisian daya tanpa kabel. Disebut dengan pengisian berbasis 'Qi' Wireless Charging, teknologi ini memungkinkan pengisian daya tanpa perlu repot menggunakan kabel data ke port microUSB.

Website Qinside, Selasa (1/9/2015), Qi diambil dari sebuah kata dalam bahasa China yang berarti energi yang mengalir. Teknologi Qi dikembangkan dan mulai digunakan untuk mengisi daya baterai seperti ponsel, iPod, pemutar MP3, dan kamera.

Energi yang dialirkan secara nirkabel ini terjadi akibat induksi elektromagnetik. Dengan cara induksi, sehingga perangkat tidak memerlukan kabel tradisional, tetapi menggunakan medan elektromagnetik.

Prinsip teknologi ini sederhana, yakni Qi Sender atau sebuah Charging Station mengalirkan energi listrik yang dibutuhkan kepada Qi receiver atau ponsel mobile. Beberapa produsen atau manufaktur menciptakan sebuah pad charging nirkabel Qi yang kompatibel dengan berbagai merk ponsel.

Asalkan kedua perangkat (sender dan receiver) memenuhi spesifikasi teknologi Qi, maka pengisian daya bisa dilakukan tanpa kabel pada perangkat. Beberapa perusahaan seperti Nokia, Samsung, Sony, LG, Motorola, dan HTC telah mengusung standar Qi pada ponsel tertentu buatan mereka.

Jumlah perangkat yang mendukung teknologi pengisian baterai Qi bertambah seiring dengan berkembangnya teknologi Qi wireless charging. Untuk memeriksa ponsel mana saja yang mendukung teknologi Qi, pengguna bisa mengakses website qinside.biz.

Wikipedia menerangkan, teknologi Qi dikembangkan oleh Wireless Power Consortium (WPC) untuk mengalirkan energi secara induktif. WPC didirikan pada 2008 dan membuka kerjasama anggota dari Asia, Eropa, dan Amerika.

Konsorsium ini bertujuan untuk menciptakan standar global untuk teknologi charging berbasis induktif. Spesifikasi Qi mendukung pengisian energi rendah di bawah 5W dan mampu mengalirkan energi secara induktif antar perangkat (ponsel dan charging pad) dari jarak 5 mm hingga 40 mm.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.

http://ift.tt/eA8V8J

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Tuesday, September 01, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts