3 Jenis Asupan Wajib Pemain Basket

Posted By Sendal on Friday, January 15, 2016 | Friday, January 15, 2016

REPUBLIKA.CO.ID, Bila Anda gemar bermain basket, Anda membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dan tepat. Hal ini disampaikan oleh Fendy Susanto, Nutrition and and Health Education Manager Nutrifood.

Menurut Fendy, olahraga basket adalah jenis olahraga yang memerlukan banyak pasokan energi. Lapangannya yang tak terlalu panjang dan lebar, menuntut para pemain basket untuk tetap bergerak dan berlari selama pertandingan.

Oleh karena itu, asupan nutrisi yang tepat perlu diperhatikan para pemain basket agar mereka tak mudah loyo selama pertandingan. Menurut Fendy, terdapat beberapa jenis asupan yang patut dikonsumsi oleh pebasket, antara lain.

Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks, menurut Fendy, diperlukan pebasket untuk pasokan dan ketersediaan energi mereka selama pertandingan. "Untuk karbohidrat kompleks, para pemain basket bisa mengkonsumsi oat (gandum) atau beras merah," ungkap Fendy.

Untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks, ia menganjurkan agar dilakukan ketika tiga jam atau empat jam sebelum bertanding, dengan kadar porsi sekitar 200 gram. Hal tersebut akan cukup untuk memasok dan menopang cadangan energi para pemain basket.

(baca juga: Hubungan Silaturahim Terbukti Sanggup Sehatkan Tubuh)

Protein
Asupan protein penting untuk pembentukan otot para atlet, termasuk pemain basket. Protein ini, kata Fendy, bisa didapatkan dari daging tanpa digoreng, susu, dan yogurt.

Vitamin dan mineral
Vitamin dan mineral akan membantu proses metabolisme pemain basket tetap prima. Mengkonsumsi sayur dan buah adalah langkah yang harus dilakukan oleh para pemain basket.

Selain tiga jenis asupan nutrisi, Fendy juga menyarankan agar selama pertandingan basket berlangsung, para pemain tidak lupa untuk mengkonsumsi air putih. "Hal itu dilakukan agar para pemain tidak kehilangan cairan tubuh," jelasnya.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Friday, January 15, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts