"Sendawa" Black Hole Ciptakan Bintang Baru

Posted By Sendal on Tuesday, January 12, 2016 | Tuesday, January 12, 2016

CALIFORNIA - Black hole telah lama diketahui sebagai benda "penghancur" dan dikenal sebagai "pelahap" gas dan bintang. Belum lama ini, astronom menyadari dua gelombang gas bersendawa di tengah NGC 5195 yang tak jauh jaraknya dari Bumi.

Menurut WTVR, Senin (11/01/2016), NGC 5195 merupakan galaksi kecil dengan jarak 26 juta cahaya dari Bumi. Ia merupakan supermasif black hole terdekat dari Bumi yang menunjukkan aktivitas.

Tim astronom percaya, sendawa itu merupakan hasil interaksi  NGC 5195 dengan galaksi besar yang paling dekat dengannya. Energi yang dihasilkan oleh sedotan black hole telah membuat muntahan kembali yang penuh dengan material yang bisa membuat bintang baru.

"Ternyata black hole juga bisa bersendawa setelah melahap galaksi. Pengamatan kami ini penting karena perilaku tersebut kemungkinan akan terjadi sangat sering di alam semesta awal, mengubah evolusi galaksi. Hal ini umum untuk black hole besar, tapi jarang bisa melihat secara dekat dan lengkap peristiwa ini," demikian terang Eric Schlegel dari University of Texas.

Menggunakan gambar sinar-X dari Chandra Observatory NASA dan gambar optik dari Kitt Peak National Observatory, Schlegel dan timnya melihat dua busur gas, didahului oleh lapisan tipis gas hidrogen dingin. Hal ini menunjukkan bahwa gas panas menyambar gas hidrogen dari jantung galaksi.

 Ledakan ini adalah contoh dari "umpan balik" antara lubang hitam supermasif dan galaksi sebagai tuan rumah.

 "Kami berpikir bahwa umpan balik  menjaga agar galaksi tidak menjadi terlalu besar," kata Marie Machacek dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CFA). Pada saat yang sama, ia bertanggung jawab untuk pembentukan beberapa bintang. “Hal ini menunjukkan bahwa black hole dapat membuat bintang, tidak hanya menghancurkan. "

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.

http://ift.tt/eA8V8J

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Tuesday, January 12, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts