Tujuh Cara Mengembalikan Produktivitas Kerja

Posted By Sendal on Tuesday, January 12, 2016 | Tuesday, January 12, 2016

JAKARTA - Pergantian tahun tentunya memberikan semangat baru dalam bekerja. Sebab, awal tahun merupakan saat yang tepat untuk menyusun rencana-rencana dan target pencapaian yang baru.

Tetapi, rencana saja tidak cukup untuk mengubah kebiasaan bekerja menjadi lebih produktif. Berikut ini tips untuk mengembalikan produktivitas kerja, berikut langkah-langkahnya. Sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis MNC Shop kepada Okezone, Selasa (12/1/2016).

1. Daftar Pekerjaan

Perbarui daftar pekerjaan setiap hari dan kerjakan sesuai prioritas. Membuat to-do list secara tidak langsung juga memberikan deadline untuk segera menyelesaikan satu tugas untuk menyelesaikan tugas berikutnya. Sehingga, pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

2. Media Sosial

Siapa yang tidak kenal dengan media sosial saat ini, ternyata situs-situs internet, terutama media sosial merupakan gangguan terbesar setelah chit-chat saat bekerja. Demi meningkatkan produktivtas dalam bekerja, sebaiknya untuk sementara tidak membuak situs-situs tersebut.

3. Tata Ulang Meja Kerja

Meja kerja yang rapi tentu akan memberikan kenyamanan pada saat bekerja. Kenyamanan saat bekerja adalah kunci utama seseorang untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dengan maksimal. Maka tidak ada salahnya kan jika sebelum pulang, kita merapikan meja kerja terlebih dulu.

4. Antusiasme

Ingat kembali apa yang menjadi motivasi bekerja. Jika itu untuk keluarga, maka selalu tanamkan dan tingkatkan motivasi dalam diri untuk selalu giat bekerja demi keluarga di rumah. Atau jika motivasi untuk kepuasan diri, maka tanamkan terget pencapaian pekerjaan untuk meraih kepuasan dalam bekerja.

5. Reward

Setelah puas menikmati pencapaian dalam pekerjaan, tidak ada salahnya memberikan reward atau apresiasi terhadap diri sendiri. Pasalnya, tubuh dan pikiran yang tegang akan meningkatkan risiko stres. Sebaliknya, tubuh dan pikiran yang senang akan meningkatkan motivasi bekerja lebih produktif. Reward di sini, bisa berupa liburan, belanja, menonton di bioskop seharian, atau apa saja bergantung masing-masing.

6. Olahraga Teratur

Bekerja di dalam ruangan pasti akan “memaksa” tubuh lebih banyak duduk di depan layar komputer. Hal ini perlu diimbangi dengan olahraga teratur agar metabolisme dan fungsi alat gerak kita tidak terganggu. Cukup dengan berjalan setiap hari, sudah bisa membantu tubuh untuk bergerak.

7. Tidur Berkualitas

Tips-tips tersebut jika tidak disempurnakan dengan tidur yang berkualitas akan menjadi sia-sia. Pasalnya, regenerasi sel dan relaksasi tubuh terjadi saat tidur. Selain itu, kurangnya jam tidur akan menurunkan daya tahan tubuh, meningkatkan risiko stres, meningkatkan risiko penyakit berbahaya, menyebabkan depresi, bahkan menyebabkan kematian.

Maka itu, diperlukan waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Tidur berkualitas harus didukung oleh peralatan tidur yang berkualitas pula. Untuk memenuhi kebutuhan istirahat berkualitas tersebut, diperlukan alas tidur atau bantal yang didesain khusus, sehingga membuat kepala dan bahu bersandar dengan nyaman.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.

http://ift.tt/eA8V8J

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Tuesday, January 12, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts