Manusia Tertua di Dunia Ungkap Enam Tips Berumur Panjang

Posted By Sendal on Tuesday, March 29, 2016 | Tuesday, March 29, 2016

REPUBLIKA.CO.ID, Susannah Mushatt Jones yang lahir pada 1899 saat ini tercatat sebagai manusia tertua yang masih hidup di dunia. Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari wanita berusia 116 tahun ini.Mulai dari kearifannya dalam hidup hingga rahasianya dalam memiliki umur panjang. Tanpa ragu, Jones mengungkapkan enam tips yang membantunya untuk memiliki umur panjang dilansir Lifehack.

 

Tidak merokok, dan minum minuman beralkohol

Jones memiliki gaya hidup sehat dengan tidak merokok sama sekali sepanjang hidupnya. Selain itu, Jones juga menjauhi berbagai hal negatif seperti obat-obatan terlarang, berpesta serta minuman beralkohol. Cara Jones menghargai tubuhnya ini menjadi salah satu alasan mengapa ia memiliki umur yang panjang.

 

Menghargai hal kecil 

Jones sejak dulu memiliki kebiasaan unik yang membuatnya merasa gembira, yaitu mengenakan pakaian dalam berenda. Dalam tiap kesempatan Jones akan menggunakan pakaian dalam kesayangannya bahkan ketika pergi ke dokter beberapa tahun lalu. Jones terus melanjutkan kebiasaan kecil yang memberinya rasa gembira ini.

 

Cintai dan hargai orang lain

Jones merupakan sosok wanita yang penuh dengan cinta. Seringkali, Jones tanpa ragu menggunakan pendapatannya untuk membahagiakan orang-orang di sekitarnya. Jones bahkan membiayai keponakannya untuk kuliah dan memberikan beasiswa bagi beberapa mahasiswa asal Alabama agar mereka dapat kuliah tanpa hambatan.

Memberikan apa yang ia punya untuk membantu orang lain telah menjadi bagian dari diri Jones. Di tengah dunia yang cenderung penuh keegoisan, Jones tidak lupa akan pentingnya cinta dan sikap menghargai dalam hidup. Ia selalu memegang teguh nilai-nilai ini di dalam hatinya.

 

Menjalani rutinitas

Jones memiliki rutinitas yang tak pernah ia tinggalkan sepanjang hidupnya. Beberapa dari rutinitas Jones yang sederhana ialah mencintai tubuhnya, memperlakukan tubuhnya dengan baik, mencintai hal-hal kecil dan mencintai serta menghargai orang lain.

Pada dasarnya rutinitas dapat mendorongs seseorang untuk melakukan sesuatu dan selalu menatap ke depan. Terkadang, rutinitas mungkin terasa datar dan membosankan. Akan tetapi, rutinitas yang baik akan memberikan dampak positif bagi kesehatan pikiran, tubuh dan jiwa.

 

Berhenti mengeluh

Di usianya yang sudah lanjut, tentu Jones merasakan sakit karena tubuhnya tak lagi sebugar dahulu. Akan tetapi, Jones tidak pernah mengeluh atas rasa sakit yang ia rasakan. Sebaliknya, ia menyadari bahwa seiring bertambahnya umur, akan bertambah pula penyakit dan rasa sakit yang akan ia rasakan. Oleh karena itu, daripada mengeluh Jones lebih suka untuk 'mengalir' saja seperti air.

Tidak mengeluh akan sesuatu hal tentu bukan hal yang mudah. Akan tetapi, sosok Jones menunjukkan bahwa meski tidak mengeluh bukan hal yang mudah, hal terebut bukan mustahil untuk di lakukan.

 

Makan buah

Jones sangat gemar menyantap buah-buahan. Buah-buahan segar yang ia makan membantunya untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar tetap stabil. Selain itu, kegemarannya akan buah juga membuatnya merasa senang setiap kali menyantap buah-buahan. Buah-buahan ini juga menjadi salah satu kunci dari kesehatan tubuh Jones yang berumur panjang ini. 



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed


Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Tuesday, March 29, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts