NASA Tangkap Sisi Gelap Galaksi NGC 247

Posted By Sendal on Tuesday, October 04, 2016 | Tuesday, October 04, 2016

CALIFORNIA - NASA/ESA Hubble Space Telescope menangkap gambar yang menunjukkan cakram terang di daerah pusat galaksi spiral bernama NGC 247, yang merupakan galaksi spiral relatif kecil di konstelasi selatan Cetus (The Whale).

Galaksi tersebut berada pada jarak sekitar 11 juta tahun cahaya dari manusia. Itu merupakan bagian dari Sculptor Group, sebuah kumpulan galaksi berisi NGC 253 atau dikenal sebagai Sculptor Galaxy.

BERITA REKOMENDASI


Galaksi ini diperkirakan memiliki diameter sekira 40.000 tahun cahaya yang diambil menggunakan Advanced Camera Survey pada Teleskop Antariksa Hubble.

Seperti dikutip dari Astronomynow, Selasa (4/10/2016), di sini inti NGC 247 terlihat sebagai cahaya terang dikelilingi oleh bintang, gas dan debu. Bentuk debu dengan bercak-bercak hitam dan filamen dengan latar belakang bintang.

Sementara gas telah dibentuk menjadi knot terang dikenal sebagai daerah H II, yang sebagian besar tersebar di seluruh lengan galaksi dan daerah luar galaksi.

Galaksi ini menampilkan satu fitur yang sangat tidak biasa dan misterius tidak terlihat pada gambar di atas. Namun, dapat dilihat dengan jelas dalam pandangan yang lebih luas dari galaksi, seperti gambar dari teleskop MPG ESO/ESO 2,2 meter.

Para astronom memperkirakan secara signifikan kekosongan galaxy dengan bintang lebih tua, dan hasilnya lebih redup dan lebih merah. Hal ini menunjukkan bahwa pembentukan bintang berlangsung di sebagian besar di galaksi dan tidak terjadi sekitar satu miliar tahun.

Meskipun para astronom masih tidak yakin bagaimana kekosongan itu terbentuk. Namun, studi penelitian terbaru menunjukkan bahwa gambar yang ditangkap teleskop, kemungkinan telah disebabkan oleh interaksi gravitasi dengan bagian dari galaksi lain.

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2cZgsOE

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Tuesday, October 04, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts