Penjelasan Google soal Munculnya Nama Ahok di Pencarian

Posted By Sendal on Tuesday, October 04, 2016 | Tuesday, October 04, 2016

JAKARTA - Pada saat mengetik sebuah kata kunci pada pencarian Google, Anda mungkin akan menemukan beberapa kata dari sejumlah halaman website. Namun bagaimana Google bisa mendapatkan querry yang sesuai dengan kata kunci yang diinginkan?

Pada saat Anda mengetik sebuah kata kunci, mesin pencarian otomatis Google akan memeriksa indeks untuk menentukan hasil yang paling sesuai dengan kata kunci yang digunakan oleh penggunanya. Google menggunakan tiga proses identifikasi yang dinamakan Crawling, Indexing, dan terakhir meyajikan hasil pencarian.

BERITA REKOMENDASI


Baca juga: Selalu Muncul Nama Ahok, Google Jadi Perbincangan Netizen

Dikutip dari halaman blog Google, Selasa (4/10/2016), Crawling adalah proses di mana GoogleBot menemukan halaman baru dan diperbarui untuk ditambahkan ke dalam indeks Google. Perusahaan menggunakan satu set komputer besar untuk mengambil miliaran halaman di internet.

Melalui sebuah program yang disebut GoogleBot, Google membuat algoritma program komputer untuk menentukan seberapa sering sebuah situs dikunjungi, dan seberapa banyak halaman yang mengambil referensi dari situs tersebut. Proses penyerapan Google dimulai dengan daftar URL halaman web yang dihasilkan dari proses sebelumnya. Data yang didapat, ditambahkan dengan sitemap yang telah disediakan oleh webmaster.

Sedangkan pada proses Indexing, Google menyerap kata kunci ke dalam indeks besar dengan kata kunci yang ditemukan pada lokasi dan web. Selain itu Google juga mengolah informasi menggunakan tag konten, atau atribut menggunakan tombol ALT.

Pada tahap penyajian informasi, pengguna memasukan querry (daftar kata kunci) ke dalam mesin pencari Google dan mulai menelusuri indeks untuk halaman yang cocok dengan menghadirkan halaman yang paling relevan kepada pembacanya. Hal itu ditentukan oleh beberapa faktor yang salah satunya ialah PageRank.

PageRank adalah ukuran seberapa penting suatu halaman berdasarkan alamat link yang masuk dari situs lain. Dengan kata lain, setiap situs yang ditambahkan pada sebuah halaman, akan menambah PageRank pada situs tersebut.

Sistem tersebut dirancang untuk memangkas waktu dan upaya pengguna dalam melakukan pencarian termasuk di dalamnya kesalahan pengejaan, menampilkan istilah yang terkait, dan juga permintaan atau kata kunci populer lainnya. Semua hasil pencarian yang dihasilkan oleh Google, disebut sebagai hasil dari cara kerja Crawling dan juga algoritma yang diterapkan Google.

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2dnElTd

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Tuesday, October 04, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts