Tiga Ilmuwan asal Inggris Terima Nobel Fisika

Posted By Sendal on Wednesday, October 05, 2016 | Wednesday, October 05, 2016

INGGRIS - Penghargaan Nobel Fisika 2016 dianugerahkan kepada tiga ilmuwan kelahiran Inggris karena temuan mereka tentang bentuk aneh dari zat.

Mereka adalah David Thouless, Duncan Haldane, dan Michael Kosterlitz dan akan menerima hadiah senilai sekira Rp9,5 miliar. Pengumuman disampaikan dalam konferensi pers di Swedia pada Selasa 4 Oktober waktu setempat.

BERITA REKOMENDASI


Komite Nobel menilai, ketiga ilmuwan tersebut telah membantu dalam 'membuka pintu ke dunia yang tidak diketahui'. Jika zat amat dingin atau rata sepenuhnya, maka para ilmuwan melihat perilaku yang tidak biasa dari atom-atomnya.

Fenomena ini melengkapi tahapan zat yang sudah dikenal meluas, seperti ketika benda berubah dari padat menjadi cairan dan gas. Temuan ketiga ilmuwan peraih Nobel Fisika 2016 telah membantu ilmuwan-ilmuwan lain dalam merancang materi yang baru.

Sementara itu, Prof Haldane berkomentar, saat ditemui terpisah mengaku terkejut dan senang. "Pekerjaan itu sudah sejak lama, namun baru sekarang ada sejumlah temuan yang besar yang didasarkan pada pekerjaan awal, yang sudah diperluas."

Ketiga ilmuwan menggunakan matematika dalam menjelaskan dampak fisik yang aneh dalam bentuk zat yang tidak biasa, seperti superkonduktor, superfluid, dan magnetik film yang tipis.

Walau Thouless, Haldane, dan Kosterlitz lahir di Inggris, ketiganya kini tinggal dan bekerja di Amerika Serikat.

David Thouless lahir pada 1934 di Bearsden dan merupakan profesor emeritus di Universitas Washington. Duncan Haldane kelahiran London pada 1951 yang menjadi profesor di Universitas Princeton. Sedangkan Michael Kosterlitz, lahir pada 1942 di Aberdeen dan bekerja di Universitas Brown.

Sehari sebelumnya, Komite Nobel menganugerahkan Nobel Kedokteran kepada ahli biologi dari Jepang, Yoshinori Ohsumi, yang dianggap berjasa atas penemuannya tentang degradasi dan daur ulang sel dalam proses yang disebut sebagai autofagi.

Adapun pengumuman pemenang bidang kimia, sastra, dan perdamaian masih ditunggu.

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2d28Hb3

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Wednesday, October 05, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts