Operator Bakal Gaspol Network Sharing MORAN

Posted By Sendal on Wednesday, November 02, 2016 | Wednesday, November 02, 2016

JAKARTA – Beberapa metode bisa diterapkan untuk mendukung berbagi jaringan atau network sharing seperti CME Sharing, Multi Operator Radio Access Network (MORAN), Multi Operator Core Network (MOCN), Roaming, dan Mobile Virtual Network Operator (MVNO).

Seperti diketahui, revisi Peraturan Pemerintah (PP) No 52 tahun 2000 yang mengatur tentang penyelenggaraan telekomunikasi dan PP 53 tahun 2000 tentang frekuensi dan orbit satelit memungkinkan pintu bagi model bisnis network sharing.

BERITA REKOMENDASI


Resmi disahkannya revisi peraturan tersebut atau tidak, hal ini tidak berpengaruh dengan network sharing yang mengandalkan model MORAN. Dijelaskan bahwa metode MORAN memungkinkan operator berbagi BTS, tetapi tetap menggunakan spektrum masing-masing.

“Network sharing yang MORAN itu tidak perlu peraturan. Jadi kalau tidak ada peraturan kami tetap network sharing dengan menggunakan struktur MORAN,” ungkap Alexander kepada wartawan di Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Menurut Alex, belum boleh operator menggunakan struktur MOCN, padahal metode ini diklaim lebih efisien 10 persen dibanding struktur MORAN. “Tapi apapun kami akan tetap eksplorasi kerjasama untuk struktur MORAN,” tambahnya.

Ia lebih lanjut mengatakan, pihaknya tentunya menginginkan struktur yang lebih optimum. Kalau pun menggunakan MOCN, di mana operator tidak hanya berbagi BTS, tetapi juga spektrum frekuensi, hal ini menurutnya tidak akan mengganggu layanan kedua operator.

Dituduh Malas Bangun Jaringan

Saat operator bisa menumpang di jaringan operator lain, timbul asumsi bahwa salah satu operator malas membangun jaringan. Menanggapi hal itu, Alex mengatakan bahwa dalam sebuah ekosistem, di mana kompetisi diperlukan, maka harus dikeluarkan mekanisme yang membuat kompetisi menjadi lebih hidup.

Menurutnya, operator seharusnya dibiarkan membangun jaringan semurah mungkin untuk menekan cost. Tidak hanya isu tarif interkoneksi, network sharing, varian lain seperti Google Loon, itu juga merupakan mekanisme membangun jaringan lebih murah.

Network sharing menjadi salah satu dari banyak alternatif. “Kami berharap sebagai yang membangun teknologi itu, ya dikasihlah kebebasan untuk mengeksplor the best cost structure, untuk supaya bukan harga malah naik tapi ditekan,” pungkas Alex.

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2f0EsQn

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Wednesday, November 02, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts