Mayoritas Perempuan Jepang Bawa Smartphone Sambil Mandi

Posted By Sendal on Wednesday, September 02, 2015 | Wednesday, September 02, 2015

TOKYO - Fitur water resistant (tahan air) di smartphone belakangan mulai ramai dibicarakan dan disematkan pada perangkat pintar oleh vendor elektronik. Sony salah satu pabrikan yang getol memberikan fitur tersebut di gawai mereka, diikuti oleh vendor lainnya antara lain Samsung, Motorola, Lenovo, Panasonic, dan lainnya.

Pertanyaanya sekarang kenapa seolah-olah terkesan hanya vendor Jepang saja, seperti Sony dan Panasonic, yang begitu gencar menawarkan fitur tersebut di perangkat pintar buatannya. Sementara vendor lainnya, meskipun juga membuat hal yang sama, tetapi seolah hanya coba-coba dan tidak terlalu serius menggarap hal itu.

Mengutip Phone Arena, Selasa (1/9/2015), ternyata ada hal menarik di balik fenomena ini. Seorang eksekutif di Panasonic bernama Taro Itakura mengungkapkan, alasan dibalik hal ini berdasarkan data yang dimiliki Taro, sekira 90 hingga 95 persen perempuan di Jepang, senang menggunakan smartphone saat sedang mandi.

Taro mengklaim, smartphone Sharp Aquos dan Sony Xperia adalah perangkat yang paling banyak diburu oleh kalangan tersebut, untuk dijadikan perlengkapan utama saat mandi selain sabun, sampo dan spons.

Selain itu, budaya masyarakat Jepang yang terkenal sebagai pekerja keras, juga turut andil dalam membentuk kebiasaan membawa smartphone sambil mandi tersebut. Sebab smartphone tahan air, mereka bisa mengecek kapanpun mereka mau notifikasi, pesan, telefon yang bisa datang kapan saja, termasuk saat sedang mandi.

Lantas sekarang apa kabar dengan perempuan di luar Jepang? masih menurut Phone Arena, tampaknya perempuan di luar Jepang tidak memiliki kebiasaan seperti itu. Indikasinya, dapat dilihat dari vendor-vendor seperti Apple, Samsung, dan lainnya, yang jarang membuat smartphone tahan air.

Salah satunya mungkin karena sasaran pasar utama mereka memang bukan di Jepang, melainkan pasar Eropa, Asia, Amerika dan China.

Beberapa waktu lalu, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Flegon Koen mengatakan fitur anti air tidak lagi menjadi prioritas Samsung dalam membuat smartphone. Berdasarkan riset yang telah dilakukan perusahaan, pengguna tidak lagi terlalu membutuhkan fitur tersebut.

“Setelah kami lakukan riset, nyatanya pengguna lebih fokus pada tiga hal dalam memilih smartphone. Pertama kamera, desain, dan terakhir adalah performa,” ucap Flegon kepada Okezone belum lama ini di Jakarta.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.

http://ift.tt/eA8V8J

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Wednesday, September 02, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts