Microsoft Pasang Fitur "Mata-Mata" di Windows 7 & 8?

Posted By Sendal on Wednesday, September 02, 2015 | Wednesday, September 02, 2015

CALIFORNIA - Microsoft mengungkap Windows 10 dan sistem operasi (OS) tersebut mulai menjaring banyak pengguna di seluruh dunia. Meskipun Windows 10 kini menjadi sorotan, namun sebuah laporan mengungkap bahwa OS sebelumnya, Windows 7 dan Windows 8, diduga memiliki fitur mata-mata yang mungkin tidak diketahui pengguna.

Dilansir Arstechnica, Selasa (1/9/2015), Windows 8 mendukung beberapa fitur online seperti integrasi terhadap Web dan pencarian lokal. Selain itu, pengguna juga dapat login, melakukan sinkronisasi pengaturan dengan Microsoft Account.

Kabarnya, terdapat penambahan baru yang mengarah pada tuduhan bahwa Windows 8 meniru salah satu fitur yang bermasalah yang ada di Windows 10. Fitur ini melaporkan informasi kepada Microsoft tanpa diminta.

Pada April, Microsoft merilis sebuah update non-keamanan untuk Windows 7 dan 8. Diberi nama update 3068708, pembaruan tersebut menciptakan layanan baru di Windows, yakni Diagnostics Tracking service.

Microsoft menjelaskan bahwa layanan ini melakukan dua hal. Pertama, menambah jumlah data diagnostik yang bisa dikumpulkan oleh Customer Experience Improvement Program (CEIP) untuk tujuan mendiganosa problem dengan lebih baik.

Kedua, update ini mengumpulkan data untuk aplikasi third party yang menggunakan layanan Application Insights. Application Insights merupakan sebuah preview yang memungkinkan developer aplikasi menelusuri isu performa, terjadinya crash, dan problem lainnya pada aplikasi.

Layanan Diagnostics Tracking mengoleksi data pada PC dan mengirimkannya ke Microsoft. Meskipun demikian, layanan tersebut bukan dimaksudkan untuk mengoleksi data pada Windows yang terpasang di PC, melainkan menempatkan pengguna dalam kontrol Microsoft.

Mengumpulkan informasi tentang kesalahan aplikasi atau problem pada Windows bisa membantu perusahaan merilis platform software yang lebih baik di masa depan.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.

http://ift.tt/eA8V8J

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Wednesday, September 02, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts