Daihatsu, Honda dan Datsun, Bisa Pertahankan Pangsa Pasar di Lesunya 2015

Posted By Sendal on Thursday, January 14, 2016 | Thursday, January 14, 2016

http://ift.tt/1Pt5o5m Jakarta -Tahun 2015 menjadi masa paling menantang bagi perusahaan otomotif. Bahkan, mayoritas perusahaan otomotif mengalami penurunan drastis di tahun 2015. Namun, ada beberapa pabrikan yang mampu bertahan.

Dari sekian banyak perusahaan otomotif di Indonesia, ada tiga pabrikan yang bisa mempertahankan, bahkan mampu meningkatkan pangsa pasar. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tiga pabrikan yang mampu mempertahankan posisinya adalah Daihatsu, Honda dan Datsun.

Menurut Marketing Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso, Daihatsu mampu bertahan di posisi dua di bawah kakak kandungnya, Toyota. Padahal, secara total market, penjualan mobil semua merek tahun 2015 menurun dari 1.208.000 unit menjadi 1.013.000 unit.

"Market keseluruhan turun 15-16 persen di tahun 2015 daripada tahun 2014. Daihatsu berhasil menjual 167.800 unit. Kalau market turun 16 persen, Daihatsu hanya turun 9 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata Hendrayadi saat ditemui di Sunter, Jakarta, Kamis (14/6/2016).

Menurut Data Gaikindo, Toyota masih menjadi raja di tahun 2015 dengan pangsa pasar 31,8 persen. Pangsa pasar Toyota turun dari 33 persen di tahun 2014 menjadi 31,8 persen di tahun 2015.

Di bawahnya, market shahre Daihatsu naik dari 15,3 persen menjadi 16,6 persen. Market share Honda juga naik dari 13,2 persen menjadi 15,7 persen. Dan Datsun naik dari 1,7 persen di tahun 2014 menjadi 2,9 persen di tahun 2015.

"Kalau dilihat dari by brand. Hanya sedikit yang bertahan. 2015, Market share Daihatsu 16,6 persen. Meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam 4 tahun terakhir, market share Daihatsu mengalami kenaikan," ujar Hendrayadi.

Padahal, kata dia, meningkatkan market share sedikit saja sulit. Namun, Daihatsu berhasil meningkatkan pangsa pasarnya.

"Di otomotif, naik 1/2 persen saja susah. Ini merupakan prestasi yang membanggakan. Padahal target kami pangsa pasarnya 15 persen, ternyata kita bisa 16,6 persen. Jadi meskipun angka turun, market share naik," ujar Hendrayadi.

"Kami dapat mengatakan bahwa akhirnya 2015 sangat memuaskan, karena yang penting bagi Daihatsu adalah mnmpertahankan market share di posisi 2 di bawah Toyota," tambahnya.

Foto: Rangga Rahadiansyah

(rgr/ddn)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.



Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Thursday, January 14, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts