Bermesraan di Depan Kamera, Artis Ini Dilarang Muncul di TV

Posted By Sendal on Wednesday, October 05, 2016 | Wednesday, October 05, 2016

NIGERIA - Seorang aktris terkemuka Nigeria mendapat larangan untuk berkiprah dalam industri film atau tidak boleh muncul di televisi berbahasa Hausa karena perilakunya dianggap 'tidak bermoral' oleh badan perfilman setempat.

Rahma Sadau dianggap melakukan tindakan tidak senonoh dengan 'berpelukan dan bermanja-manja' dengan bintang pop Classiq dalam sebuah adegan video. Industri film Nigeria yang terkenal dengan sebutan Kannywood itu sering dituding 'merusak moral' oleh tokoh-tokoh Muslim konservatif setempat.

BERITA REKOMENDASI


Mereka menganggap tabu bila laki-laki dan perempuan berpegangan tangan atau berciuman di depan umum. Sadau, yang dikatakan sedang berlibur di India, belum memberikan komentar mengenai larangan yang dikeluarkan oleh Motion Pictures Practitioners Association of Nigeria (Moppan) itu.

Ketua Moppan, Muhammadu Kabiru Maikaba, mengatakan, Hausa yang dikenakan pada Rahma Sadau itu adalah 'larangan total.' "Ini bukan pertama kalinya ia melakukan tindakan-tindakan tidak terkendali. Kami sudah memberikan peringatan, tapi ia masih terus mencoreng citra kami," katanya.

Dalam video tersebut, Sadau muncul bersama penyanyi terkenal Classiq yang melantunkan lagu berjudul "I Love You". Dikisahkan penyanyi pria kepincut oleh seorang wanita penjual sayur di pasar, yang diperankan oleh Sadau. Awalnya, perempuan tersebut menolak didekati, tapi kemudian jatuh cinta padanya. Mereka tampak berpegangan tangan, berdekatan dan sedikit berpelukan.

Dalam sebuah pernyataan, Moppan berharap sanksi yang dijatuhkan pada Rahma Sadau akan mencegah aktor dan aktris lainnya agar tidak berbuat hal yang sama.

Dalam hukum di Ibukota Abuja itu dijelaskan, Moppan disebutkan para aktris dan aktor dilarang melakukan hal-hal yang melanggar budaya Islam dan Hausa. Banyak orang di wilayah utara Nigeria merasa Rahma Sadau telah bertindak terlalu jauh dalam video klip itu, tambahnya. Classiq sendiri tidak bisa dikenai sanksi, karena ia bukan anggota perfilman Moppan, Nigeria.

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2dw0ISq

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Wednesday, October 05, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts