Nama Ahok di Saran Pencarian Google karena Faktor Freshness

Posted By Sendal on Tuesday, October 04, 2016 | Tuesday, October 04, 2016

JAKARTA - Google di Indonesia kembali menjadi perbincangan hangat di dunia maya setelah sebelumnya diterpa kabar menghilangkan palestina di layanan peta miliknya. Kali ini mesin pencarian tersebut dikaitkan dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau disapa Ahok.

Nama Ahok menjadi perbincangan hangat karena selalu muncul dalam kolom suggestion atau saran pencarian di Google. Saat seseorang mengetik kata kunci "Jakarta bersih karena foke", Google menyarankan pengguna untuk mencari dengan kata kunci "Jakarta bersih karena Ahok".

BERITA REKOMENDASI


Bahkan, Netizen yang usil dengan memasukan kata kunci "mama bersih karena foke" pun diubah Google menjadi "mama bersih karena Ahok". Akibatnya, hasil pencarian Google itu pun menjadi bahan guyonan netizen dan sempat membuat heboh dunia maya.

Menanggapi hal tersebut, Putri Silalahi Product Communication Lead Google Indonesia mengatakan bahwa kata kunci "Ahok" yang saat ini sedang populer di Indonesia merupakan murni karena faktor algoritma Google yang mengakurasi konten dan juga faktor freshness.

"Mungkin karena banyak yang mencari keyword Ahok akhir-akhir ini. Hasil pencarian di Google merupakan kinerja dari sistem bukan secara manual. Sehingga terdapat beberapa faktor yang memungkinkan terjadinya keyword ulangan, salah satunya karena faktor freshness yaitu kekinian atau yang sedang tren saat ini," ungkapnya kepada Okezone, Selasa (4/10/2016).

Ia menambahkan, pencarian Google juga menganut sistem relevansi yang belajar untuk mencocokkan data suatu kata dari halaman atau blog yang banyak dicari dan diakses. Dengan begitu, menurut Putri, Google tidak mungkin memprioritaskan satu keyword dengan keyword lainnya.

Selain itu Putri juga menjelaskan keterkaitan Ahok dengan sungai bersih di Jakarta ialah karena mesin pencari Google telah belajar untuk memahami konteks yang saat ini sedang terjadi. Artinya, ketika seseorang mencari suatu program kerja, maka Google akan mengindeks pada tokoh yang sedang bertanggungjawab pada saat itu.

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2dGoEBO

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Tuesday, October 04, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts