Digitalisasi UKM Berpotensi Dongkrak GDP di Indonesia

Posted By Sendal on Wednesday, November 02, 2016 | Wednesday, November 02, 2016

JAKARTA - Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Lis Sutjiati, hari ini ikut menghadiri pembukaan konferensi dan pameran datang e2eCommerce yang diadakan di Hotel Mulia, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya, Lis menerangkan roadmap e-commerce yang belum lama ini disahkan pada Februari silam.

Roadmap yang dibangun itu merupakan hasil kerjasama dari beberapa kementerian termasuk Kominfo, Kemendag, Direktorat Pajak, dan lembaga-lembaga lainnya seperti logistik salah satunya. Seluruh kerjasama ini dibangun dalam rangka menyelesaikan tujuh permasalahan penting untuk "menetaskan" perusahaan konvensional menjadi berbasis digital.

Lis menceritakan bahwa Pemerintah telah melakukan studi dan mengamati strategi-strategi negara asing yang telah memimpin e-commerce dunia. Bagi dia, China adalah negara yang berkembang pesat hanya dalam waktu 4 tahun untuk menyalip Amerika yang sudah menjadi pemimpin selama 30 tahun sebelumnya. Ini berkat strategi khusus China yang mengandalkan potensi yang spesifik hanya dimiliki olehnya.

Dari sana, Lis menyatakan Indonesia juga harus memiliki kekhususan sendiri. Dari data yang diperoleh Pemerintah, usaha kecil dan kelas menengah (UKM) menyumbang produk domestik bruto (GDP) sebanyak 58-60 persen yang dibilang cukup tinggi dibanding negara-negara lain. Oleh karena itu, Pemerintah ingin mendigitalkan UKM, petani dan nelayan.

"Yang besar untuk GDP kita bukan perusahaan e-commerce besar seperti Lazada atau Tokopedia tetapi justru UKM. Nah kalau UKM bisa digitalkan maka GDP akan berlipat besar transaksinya. Pak Menteri (Rudiantara) memperkirakan bisa berkembang dua kali lipat dari 2012, USD130 miliar, pada 2020. UKM inilah yang jadi kekhususan kita," terang dia.

Selain UKM, Pemerintah juga akan memberikan dukungan dalam bentuk berbeda kepada technopreneur (program 1000 startup) dan established business (Gojek dkk). Di kominfo sendiri, Pemerintah tengah menjalankan proyek Palapa ring dan refarming spektrum untuk pemerataan jaringan 4G di seluruh Indonesia yang rencananya selesai pada 2019.

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2f081St

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Wednesday, November 02, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts