Selain Tablet, Jam Tangan Pintar pun Kian Terperosok

Posted By Sendal on Friday, November 04, 2016 | Friday, November 04, 2016

WASHINGTON - Data statistik yang dikeluarkan oleh IDC, sebuah perusahaan di bidang analisis pasar, menunjukkan penurunan dari penjualan perangkat jam tangan pintar (smartwatch) saat ini.

Data yang diunggah oleh IDC, pengiriman perangkat jam tangan pintar dari manufaktur ke pemasok mengalami penurunan sebesar 51,6% dalam satu tahun ini. Pada kuartal ketiga 2016 yang jatuh pada September, penjualan jam tangan pintar memiliki jumlah 5,6 juta unit.

BERITA REKOMENDASI


Kini, menginjak pertengahan kuartal keempat, penjualan jam tangan pintar hanya sebanyak 2,7 juta unit, sebagaimana dilansir Android Pit, Jumat (4/11/2016).

Terpuruknya penjualan jam tangan pintar, menimpa pula pada pemimpin pasar yakni Apple. Dalam satu tahun ini Apple mengalami penurunan persentase dari 70,2% menjadi 41,3%. Hal tersebut menggambarkan penurunan dari pengiriman produk dari pemanufaktur ke pemasok mengalami penurunan.

Pada 2015, Apple diketahui mampu menjual produknya sebanyak 3,9 juta unit jam tangan pintar. Namun kini, ia hanya mampu menjual sebanyak 1,1 juta unit.

Satu-satunya perusahaan pembuat jam tangan pintar yang diketahui memiliki pertumbuhan signifikan yakni Garmin. Perusahaan ini dikatakan memiliki pertumbuhan hingga lebih dari 324%. Cukup fenomenal bagi perusahaan yang jarang tersiar namanya tersebut.

Alasan dibalik kesuksesan Garmin di ranah jam pintar ialah karena perusahaan tersebut hanya berfokus pada pasar yang lebih khusus yakni pada pemakaian luar ruangan.

Jam pintar Garmin disebut memiliki kelengkapan fitur GPS dan juga penunjang kesehatan atau olahraga. Fokus tersebut disebut menjadi andil dalam membesarkan merek dalam spesialisasi produk.

"Hal ini membuktikan bahwa perangkat jam tangan pintar saat ini bukan untuk semua orang," ungkap salah seorang pihak IDC. Berarti dalam hal ini, mesti ada perbedaan antara smartphone dan smartwatch yang saat ini cenderung kabur karena kemiripan fungsi.

Perangkat yang hadir sebagai jam tangan pintar seharusnya memiliki karakteristik khusus seperti alat kesehatan maupun kebugaran sehingga lebih pantas jika disebut sebagai fitness tracker dibandingkan dengan smartwatch atau jam tangan pintar.

Baca juga: Pasar Perangkat Tablet Kian Merosot

Let's block ads! (Why?)

http://ift.tt/2f8phou

Berita Lainnya Harian Bingo
Blog, Updated at: Friday, November 04, 2016

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts