Sejarah Perusahaan Apple Inc

Posted By Sendal on Saturday, January 17, 2015 | Saturday, January 17, 2015


Sejarah Perusahaan Apple Inc

Apple Inc adalah nama perusahaan besar yang berada di California - Silicon Valley Cupertino. Memiliki logo unik berbentuk buah apel yang sedikit tergigit pada bagian kanan. Apple didirikan pada tanggal 1 April 1976, Mereka dikenal dengan perangkat lunak OS X dan iOS, Pemutar musik iTunes dan Browser Safari.
Sejarah Perusahaan Apple Inc

Selain software yang disebutkan diatas ternyata mereka juga memiliki perangkat keras atau hardware yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang, Seperti iPhone series, iMac, MacBook, iPod. iPad series. Disinilah sejarah Apple mulai terbentuk dengan bantuan Steve Wozniak yang kira-kira beberapa tahun lalu sempat datang ke Indonesia untuk mengisi sebuah acara gathering.

Steve Wozniak dan Steve Jobs

Steve Jobs
Adalah seorang hacker, Dan bekerja di perusahaan Hawlett-Packard dan membantu Steve Jobs untuk mendesain sebuah video games untuk Atari. Steve Jobs dan Steve Wozniak sudah lama berteman. Mereka bertemu pertama kali pada tahun 1971 ketika seorang teman memperkenalkan Wozniak yang saat itu berumur 21 tahun kepada Jobs yang saat itu baru berumur 16 tahun. Jobs berhasil membujuk Wozniak untuk membuat komputer dan menjualnya.

Komputer buatan Wozniak hanya memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya dapat menggunakan TV sebagai monitor di mana saat itu banyak komputer tidak memiliki monitor sama sekali. Monitor ini bukanlah seperti monitor modern dan hanya menampilkan teks dengan kecepatan 60 karakter per detik. Komputer ini bernama Apple I dan memiliki kode bootstrap pada ROM-nya yang membuatnya lebih mudah untuk dihidupkan.

Akhirnya dengan paksaan Paul Terrell Wozniak juga mendisain sebuah mekanisme kaset untuk membuka dan menyimpan program dengan kecepatan 1,200 bits/detik, sebuah kecepatan yang cukup tinggi pada saat itu. Walaupun komputer tersebut cukup sederhana disainnya adalah sebuah masterpiece, menggunakan jumlah komponen yang jauh lebih sedikit dengan komputer-komputer sejenisnya dan berhasil memberi reputasi kepada Wozniak sebagai seorang master designer dengan cepat.

Apple III dan Lisa

Apple III dan LisaPada tahun 1980, Apple menghadapi kompetisi dalam bisnis komputer pribadi. Salah satu penantang besar adalah IBM, perusahaan ternama pertama di bidang komputer. Komputer IBM yang menggunakan sistem operasi DOS yang dilisensi kepada IBM oleh Microsoft meraih porsi yang besar dalam pangsa pasar komputer meja untuk perusahaan besar yang tergolong masih muda.

Perusahaan yang lebih kecil menggunakan Apple II, tetapi Apple merasa perlu mengeluarkan model baru yang lebih maju untuk bersaing di bidang komputer meja bagi perusahaan besar. Maka para perancang Apple III dipaksa untuk mengikuti keinginan Steve Jobs yang terlalu tinggi dan mustahil untuk dipenuhi.

Macintosh

Steve Jobs kemudian beralih perhatian pada proyek Macintosh, yang pada awalnya dianggap sebagai sejenis Lisa yang lebih murah. Apple Macintosh diluncurkan pada tahun 1984 dengan iklan televisi berjudul 1984 yang didasarkan dari novel karya George Orwell yang juga diberi nama 1984, dengan pernyataan, "On January 24, Apple Computer will introduce Macintosh. And you'll see why 1984 won't be like '1984'" — maksud dari kata-kata tersebut adalah Macintosh yang baru akan membebaskan komputer dan informasi dari kekangan perusahaan besar dan technocrats. Apple juga membuahkan konsep pewarta Apple (Apple evangelist) yang dipelopori oleh karyawan Apple bernama Guy Kawasaki.

Dan Sekarang kalau kita lihat di Indonesia, iPhone termasuk barang yang banyak di tunggu-tunggu para pecinta produk Apple.

Sumber: wikipedia
Jangan lupa untuk follow Twitter Harian Bingo, Klik LIKE Facebook fanpage dan masukan kedalam Google+ Harian Binggo agar bisa mendapatkan informasi teknologi terbaru.
Blog, Updated at: Saturday, January 17, 2015

2 comments:

  1. Mantap emang produknya apple.. Mampir gan www.enkosa.com

    ReplyDelete
  2. siap bro, nanti saya mampir kesana

    ReplyDelete

Popular Posts